6 Penyebab Aki Mobil Tekor yang Wajib Anda Ketahui

Mobil bisa gagal distarter akibat kerusakan pada aki. Masalahnya, pemilik mobil sering kali tidak menyadari penyebab aki mobil tekor. Padahal

Mobil bisa gagal distarter akibat kerusakan pada aki. Masalahnya, pemilik mobil sering kali tidak menyadari penyebab aki mobil tekor.

Padahal kerusakan aki dapat menimbulkan berbagai masalah yang mengganggu. Mulai dari mesin tidak mau menyala, hingga berhentinya mesin secara tiba-tiba. Mari kenali apa saja penyebabnya sebagai langkah antisipasinya.

Penyebab Aki Mobil Tekor

penyebab aki mobil tekor

Terjadinya kerusakan aki mengharuskan ganti aki baru, yang mana bisa memakan biaya mulai dari Rp500 ribuan sampai jutaan. Anda juga perlu memilih aki dan menggunakan cara pasang aki yang benar.

Inilah mengapa pemilik mobil sebaiknya mengetahui apa saja penyebab aki mobil tekor. Dengan begitu, Anda bisa menghindari kondisi mengganggu akibat rusaknya aki.

Berikut berbagai faktor yang bisa menyebabkan aki tekor:

1. Mobil Jarang Digunakan

Mobil yang jarang digunakan bisa jadi penyebab aki mobil rusak. Hal ini karena aki tidak memperoleh suplai listrik yang mencukupi. Akibatnya, kapasitas aki menjadi kurang optimal.

Kondisi tersebut biasanya merupakan penyebab mobil yang lama didiamkan akan sulit untuk distarter.

Untuk menghindari kerusakan aki, maka Anda sebaiknya menghidupkan mesin mobil setidaknya seminggu sekali. Apabila memungkinkan bisa mengendarai mobil untuk berkeliling sesekali alih-alih membiarkannya tidak terpakai.

2. Air Aki Habis

Terkadang, ada juga mobil yang tidak bisa distarter tapi aki bagus. Sering kali akar masalahnya sangat sederhana, yaitu air aki yang habis.

Kemudahan perawatan aki basah membuat makin banyak produsen menggunakan jenis tersebut. Pasalnya, jenis aki basah memungkinkan isi ulang sehingga membantu memperpanjang umur pemakaian.

Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang lupa mengecek kadar air aki. Hal ini bisa menyebabkan air aki tiba-tiba habis saat Anda mengendarai mobil.

Untuk menghindari situasi tersebut, Anda sebaiknya membiasakan untuk mengecek air aki sebelum bepergian. Terutama apabila hendak menempuh perjalanan jarak jauh.

3. Terlalu Banyak Aksesoris

Pemasangan aksesoris yang berlebihan seperti lampu dan audio bisa menjadi penyebab aki mobil cepat tekor.

Pemilik mobil biasanya melakukan modifikasi dengan memasang berbagai aksesoris supaya mobil lebih menarik dan menyenangkan. Sayangnya, penambahan aksesoris bisa menimbulkan masalah pada kelistrikan mobil.

Hal tersebut karena terjadinya peningkatan pesat kebutuhan listrik mobil akibat aksesoris yang terlalu banyak.

Akibatnya, terjadi penggunaan listrik melebihi batas normal aki, sehingga berisiko menyebabkan aki cepat rusak.

Nah, Anda boleh saja memasang aksesoris sesuai keinginan. Dengan catatan, perhatikan kebutuhan kelistrikannya dan sesuaikan dengan kapasitas aki.

Anda juga bisa mempertimbangkan ganti aki berkapasitas lebih besar jika ingin memasang aksesoris yang memakan banyak energi, seperti sistem audio.

4. Rusaknya Alternator

Faktor penyebab aki mobil tekor mendadak selanjutnya adalah terjadi kerusakan pada alternator.

Alternator merupakan komponen mesin yang berperan penting untuk menjaga kelangsungan hidup mobil. Komponen ini berfungsi memastikan aki mendapatkan suplai arus listrik secara kontinu selama mesin mobil menyala.

Maka, ketika terjadi kerusakan pada alternator,  aliran listrik ke aki mobil bisa terganggu dan berkurang. Hal ini bisa berakibat pada aki tekor dan tidak berfungsi.

Anda sebaiknya mencoba mengecek kondisi alternator apabila listrik mobil drop. Jika terdapat kerusakan, maka pastikan untuk segera memperbaikinya.

5. Umur Aki Sudah Tua

Setiap komponen mobil memiliki umur pemakaian. Demikian pula halnya dengan aki yang berperan sebagai penyuplai arus listrik.

Semakin lama pemakaian mobil, maka umur aki juga menjadi semakin tua sehingga kemampuan penyimpanan dayanya makin berkurang. Solusi untuk masalah ini adalah melepas aki dan menggantinya dengan yang baru.

Supaya mobil tetap prima dan terhindar dari masalah mogok akibat gagal distarter, Anda sebaiknya melakukan penggantian aki setiap 2-3 tahun sekali.

Penggantian bisa Anda lakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum terdekat. Pastikan untuk memilih aki berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

6. Kebiasaan Pemakaian Kendaraan

Kebiasaan pemakaian yang kurang baik bisa menjadi penyebab aki mobil mati.

Ada berbagai kesalahan pemakaian kendaraan yang berisiko mengakibatkan aki bermasalah hingga memperpendek usianya. Salah satunya yaitu penggunaan AC secara berlebihan.

Anda juga sebaiknya menghindari menghidupkan audio ketika mobil dalam kondisi mati.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan mobil dengan intensitas terlalu tinggi. Pasalnya, penggunaan mobil yang terus menerus menimbulkan kebutuhan daya listrik besar.

Hal tersebut bisa menyebabkan aki bekerja secara berlebihan, sehingga bisa mengurangi umur pemakaiannya.

Servis Aki Terbaik

HaloBengkel menghadirkan solusi terbaik untuk perawatan dan perbaikan mobil Anda. Kami memiliki tim yang terdiri dari tenaga ahli sehingga mampu memberikan servis berkualitas untuk mengatasi segala permasalahan kendaraan.

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, HaloBengkel memiliki aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengakses layanan kami kapan saja.

Segera hubungi kami untuk mencari tahu penyebab aki mobil tekor dan mendapat penanganan yang tepat. HaloBengkel siap mengatasi segala masalah pada mobil Anda dan memulihkannya ke kondisi prima.

FAQ

Apakah penggunaan lampu projector bisa mempengaruhi aki?

Ya. Lampu projector termasuk aksesoris tambahan yang membuat kebutuhan daya listrik mobil meningkat. Apabila tidak diperhatikan, pemasangannya bisa menyebabkan aki cepat kosong dan berpotensi tekor.

Mengapa mobil yang lama tidak terpakai tiba-tiba akinya rusak?

Kerusakan aki bisa terjadi akibat mobil dibiarkan terlalu lama tanpa dipanaskan. Akibatnya aki tidak memperoleh suplai listrik yang mencukupi sehingga daya tampungnya menurun.

Adakah faktor lain yang berisiko mengakibatkan aki tekor?

Ya. Aki bisa mengalami tekor akibat korsleting pada kabel serta paparan kondisi panas dan dingin ekstrem.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi