Apa Bisa Oli Motor Dipakai Untuk Mobil?

Share This Post

oli motor untuk mobil

Oli Motor Dipakai Untuk Mobil, HaloBengkel.com – Oli bisa mempengaruhi kinerja sebuah kendaraan. Selalu mengganti oli sesuai jadwalnya akan membuat kendaraan anda tetap optimal dan tahan lama. Ada banyak sekali merek dan jenis oli yang bisa anda dapatkan di pasaran baik itu oli mobil maupun oli motor. Namun anda mungkin bertanya, bisakah oli mobil digunakan untuk oli motor?

Jika hanya dilihat dari kemasan, anda akan melihat perbedaan antara oli mobil dan oli motor. Oli mobil biasanya memiliki kemasan besar yang berisi hingga 4 liter, sedangkan oli motor biasanya memiliki kemasan kecil 800 mililiter hingga 1 liter. Perbedaan tersebut tentunya karena mobil mebutuhkan lebih banyak oli jika dibandingkan kebutuhan motor.

Selain perbedaan kemasan, biasanya juga terdapat perbedaan lain pada komposisinya. Namun perbedaan tersebut tidak begitu banyak. Untuk itulah sebenarnya oli mobil bisa saja digunakan untuk motor, tentunya dengan beberapa syarat.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Oli mobil bisa digunakan untuk motor asalkan spesifikasinya sama. Oli memiliki tingkat keenceran yang berbeda-beda. Jika motor anda biasa menggunakan oli dengan tingkat keenceran 10W-40, maka oli mobil yang digunakan juga harus memiliki spek tersebut. Karena jika tidak, mesin akan cepat panas dan mengalami beberapa masalah lain.

Selain tingkat kekentalan, anda juga perlu memperhatikan jenis kopling motor anda, apakah menggunakan setelan kering atau basah. Motor matic biasanya menggunakan setelan kopling kering, sedangkan motor bebek biasanya menggunakan setelan kopling basah, di mana rumah kopling terendam oli.

Sebenarnya untuk perbedaan kopling, oli sudah memiliki standarisasinya sendiri. Di Indonesia standarisasi oli menggunakan JASO (Japan Automobile Standard Organozation). Terdapat 2 jenis standarisasi oli yaitu yang memiliki keterangan JASO MA atau MB. Kode di belakang JASO diperuntukkan untuk oli tersebut.

JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah, sedangkan untuk JASO MB, sepeda motor kopling kering, seperti scooter matik yang koplingnya tidak terendam oli. Mobil menggunakan oli dengan kode JASO MB, sehingga motor matic bisa saja menggunakan oli mobil.

Meski oli mobil bisa digunakan untuk oli motor, namun anda tidak boleh menggunakan acuan waktu penggantian oli mobil untuk mengganti oli motor anda. Mesin mobil dan motor memiliki banyak perbedaan, salah satunya adalah RPM pada mesin. RPM mobil paling tinggi di angka 5.000 – 6.000 rpm, sedangkan sepeda motor bisa mencapai 11.000 rpm atau dua kali lipatnya.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Dengan putaran mesin yang lebih tinggi, maka sepeda motor membutuhkan penggantian oli lebih sering ketimbang mobil. Perbedaan inilah yang membuat mobil diperbolehkan untuk mengganti oli setiap 5.000 – 10.000 kilometer. Hal ini berbeda dengan sepeda motor yang diharuskan mengganti oli setelah 2.500 – 3.000 kilometer.

Jadi kesimpulannya adalah anda bisa menggunakan oli mobil untuk oli motor dan juga sebaliknya, asalkan spesifikasinya sama. Meski begitu, sebaiknya anda tetap menggunakan oli sesuai dengan kegunaannya. Karena meski oli mobil bisa digunakan oleh oli motor, ada beberapa kandungan oli yang tidak akan maksimal ketika digunakan di motor atau sebaliknya.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.