Apa Saja Penyebab Radiator Mobil Bocor

Share This Post

radiator mobil

Apa Saja Penyebab Radiator Mobil Bocor, HaloBengkel.com – Mobil itu terdiri dari banyak banget komponen atau element. Semua saling melengkapi dan berkesinambungan, mulai dari mesin, bodi mobil, elektrikal sampai pada sisi terluar yang langsung menyentuh aspal adalah ban mobil.

Radiator juga merupakan salah satu komponen dari mobil yang berada di sisi depan atau kap mobil. Radiator ini jika tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan kebocoran, dan buat Anda tidak perlu takut, asal melakukan maintenance dengan baik, hal ini tentunya bisa dicegah. Namun, Anda juga perlu tahu kalau ada beberapa penyebab radiator mobil itu bocor dan jika sudah tahu, selanjutnya Anda sudah dapat mengantisipasinya.

Penyebab Dari Radiator Mobil Bocor:

  • Adanya sumbatan.

Faktor atau penyebab yang pertama adanya sumbatan dari mengalirnya air radiator. Radiator itu punya saluran ke seluruh mesin mobil dan ini penting untuk mencegah suhu tidak terlalu over panasnya. Point penempatannya di sisi atau sekeliling mesin mobil dan diharapkan bisa meredam panas yang tinggi dalam berkendara yang cukup lama.

Tetapi perlu dicatat, bahwa jika ada kotoran yang mengendap itu bisa mengakibatkan tersumbatnya aliran. Jika ini terjadi proses pendinginan mesin ke suhu normal jadi terhambat.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Asal dalam memasukkan air radiator.

Air radiator ini disarankan menggunakan cairan atau komponen cair khusus, dan cairan khusus ini sudah dibekali dengan zat tertentu untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Tetapi, masih banyak banget dari teman-teman kita pecinta otomotif yang entah malas atau memang sengaja tidak mau membeli cairan khusus ini dan menggunakan air keran biasa.

Bukannya malah menstabilkan mesin, malah mesin suhunya naik terus, bahkan malah mendidih dan membuat mesin mati mendadak. Inilah yang menyebabkan terjadinya kebocoran dari radiator mobil, dan membahayakan saat di jalan.

  • Komponen eksternal yang sudah mulai termakan usia.

Ada komponen dari radiator yaitu karet penutup plastic yang sudah dalam keadaan tidak prima. Kebocoran bisa terjadi karena hal ini, apalagi karet ini merupakan komponen yang bisa bereaksi pada perubahan suhu yang cukup mendadak.

Seperti terlalu dingin atau juga suhu mesin saat sangat panas, dan tabung penampung reservoir juga terbuat dari plastic jadi bisa meleleh dengan adanya paparan suhu yang panas secara terus-menerus dan tidak bisa dihindari.

  • Masuknya benda asing.

Adanya benda asing yang mengenai radiator ataupun masuknya benda asing bisa membuat kebocoran dari radiator. Seperti batu kerikil kecil uang ada di jalanan bisa menjadi penyebab radiator mobil bisa bocor. Jika benturan dari batu kecil ini terjadi cukup sering maka bisa menggoyangkan isi dari air radiator dan bisa menimbulkan tumpahnya atau bocornya air radiator yang meluap ke luar.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.