Apa Sih Bedanya Transmisi Mobil Manual dan Matic

Apa Sih Bedanya Transmisi Mobil Manual dan Matic, HaloBengkel.com – Mobil saat ini ada dua transmisi secara umum, ada otomatis

Apa Sih Bedanya Transmisi Mobil Manual dan Matic, HaloBengkel.com – Mobil saat ini ada dua transmisi secara umum, ada otomatis atau matic dan juga manual. Pada dasarnya transmisi adalah sistem yang digunakan untuk mengendalikan putaran mesin agar mudah dikendalikan oleh semua pengemudi.

Transmisi yang dipasang ini bisa untuk mengubah arah dari putaran roda, torsi sampai pada kecepatan putar dari mobil itu sendiri. Kedua transmisi pada mobil ini memiliki fungsi yang sama sebetulnya, tetapi ada beberapa hal yang menjadi perbedaan, mulai dari perbedaan dari sisi harga, penggunaan, sampai perawatan mobil itu sendiri.

Kali ini kita akan bahas apa sih perbedaan dari transmisi matic dan juga transmisi manual.

transmisi mobil manual

Mobil dengan transmisi manual merupakan sistem perpindahan gear yang dilakukan secara manual oleh pengemudi, dimana pengaturan manual itu melalui tuas perseneling. Sistem tersebut disatukan dengan menggunakan kopling disisi bawah dan berfungsi untuk mengatur perpindahan dari tenaga mesin ke transmisi. Haram hukumnya ketika pengemudi ingin memindahkan tuas perseneling untuk ubah rasio dan kecepatan tidak menginjak kopling. Hal ini perlu dilakukan agar mesin tidak mati dan membuat komponen mesin mobil manual aus dan cepat rusak.

Secara kasat mat atuas transmisi mobil manual akan terlihat beberapa point angka, mulai dari 1, 2, 3, 4, 5 dan satu gear mundur yang ditandai dengan huruf R atau diartikan Reverse. 

Dari sisi keunggulan mobil transmisi manual bisa mengirit bahan bakar lebih baik dibanding mobil dengan transmisi mobil matic. Ditambah lagi berat dan bobot dari transmisi manual lebih ringan, dan yang lebih penting mobil dengan transmisi manual harganya lebih terjangkau dibandingkan mobl transmisi matic atau otomatis.

Bagi pecinta mobil manual, meraka bisa merasakan sensasi control terhadap tenaga mesin sampai pada percepatan kendaraan hingga penggunaan engine brake. Tidak sampai disana, mobil manual memiliki biaya perawatan yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan mobil dengan transmisi otomatis.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Untuk Wanita

  • Transmisi Matic / Otomatis.

Bedanya Transmisi Mobil Manual dan Matic

Mobil dengan transmisi otomatis akan lebih mudah ketimbang mobil manual secara penggunaan operasional. Pengendara mobil matic hanya perlu menentukan dan juga menggeser tuas sesuai dengan kondisi jalan yang ada, dan tidak perlu sering menggeser tuas gear saat mengemudi.

Secara kasat mata, mobil transmisi matic memiliki acuan tanda huruf yang berbeda dari mobil manual, kalau mobil manual, di dominasi oleh angka, namun pada mobil matic di dominasi oleh huruf.

Tuas transmisi matic diantaranya P, R, N, D, 2, L, dan masing-masing memiliki arti untuk P untuk parkir, N untuk membuat mesin netral, D, untuk Drive atau melaju sampai R untuk mundur.

Mobil matic atau otomatis perpindahan gearnya dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan menggunakan tekanan hidrolis dari adanya oli dan juga roda gear yang bernama planetary gear.

Sistem inilah yang membuat torsi dan kecepatan secara otomatis pada mobil Matic, dan bisa melakukan perpindahan gear dengan sangat halus. Kelebihan dari transmisi matic adalah lebih mudah dalam penggunaan, baik saat biasa ataupun saat diajak berakselerasi. 

Baca juga: Efek Dari Mobil Sering Overheat

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi