Apa Yang Bikin Aki Mobil Jadi Tekor

Share This Post

aki mobil

Apa Yang Bikin Aki Mobil Jadi Tekor, HaloBengkel.com – Kadang ada kalanya orang itu lalai dan merasa mobil kok susah dinyalakan, dan ternyata aki mobil tekor. Hal ini bisa dilihat dari beberapa faktor, sebaiknya kita sebagai pemilik mengetahui penyebab dan juga mengetahui solusi dari permasalahan aki yang timbul itu. 

Karena pada dasarnya aki mobil itu punya penting dan memberikan tenaga listrik ke banyak komponen ketika beroperasi, saat aki mobil lemah akan terasa sangat tidak nyaman. Ada beberapa gejala yang bisa saja timbul, seperti mobil tidak bisa distarter serta juga komponen kelistrikan tidak bekerja dengan baik. Sehingga ketika aki mobil ini soak malah mobil tidak bisa dinyalakan saat pagi hari ketika ingin bekerja atau aktivitas lainnya.

Ini dia penyebab aki mobil itu tekor:

  • Mobil jarang dipakai.

Point pertama yang paling sering terjadi dan menjadi point kelalaian pemilik adalah mobil jarang digunakan. Karena dasarnya aki tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup sehingga kapasitas dari aki mobil tidak bekerja optimal. Maka dari itu setiap kita yang punya mobil disarankan rutin ya memanaskan mobilnya ya minimal seminggu dua atau tiga kali sudah cukup agar asupan dan arus listrik ke aki mobil tetap bekerja secara optimal.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Intensitas penggunaan terlalu over.

Kalau ini sih kebangetan sobat otomotif, kendala yang selanjutnya adalah karena intensitas penggunaan mobil terlalu tinggi yang membuat mobil dipaksa bekerja keras setiap hari dalam durasi yang panjang.

Ini membuat daya listrik terkuras lebih besar daripada biasanya, hasilnya aki jadi lebih bekerja berat dan juga malah mengurangi dari usia pakai aki mobil itu sendiri. Ingat ya sobat otomotif, kalau komponen mobil itu ada usia pakainya jika sering digunakan terlalu over malah membuat komponen itu jadi cepat rusak, ini lah yang perlu kita ingat dimana mobil perlu adanya istirahat.

  • Air aki yang habis.

Bagi sobat otomotif yang masih menggunakan aki mobil jenis basah biasanya penyebab aki tekor ini disebabkan oleh air aki yang berkurang atau habis. Ketika sudah tahu mobilnya masih pakai aki jenis basah, perlu lebih sering ya melihat kondisi aki mobilnya. Jika terasa air aki surut terlalu banyak atau menipis segera masukan air aki tambahan agar tidak kosong. Karena jika dibiarkan terus-terusan malah membuat kita lebih sulit dalam berkendara.

Baca juga: Ini Fungsi Dari Bumper Mobil

  • Pakai aksesoris terlalu banyak.

Asik memang memodifikasi mobil dengan banyak komponen seperti lampu dan lainnya. Perlu kita ketahui juga jangan sampai melebihi dari batas maksimal dari aki mobil itu sendiri. Seperti misalnya upgrade audio mobil yang cukup ekstrem, perlu melihat kondisi kekuatan aki mobilnya. 

Karena perangkat audio diluar batas normalnya, aki yang dibutuhkan adalah aki upgrade bukan aki mobil standar. Kalau pakai aki normal dengan penggunaan audio sebesar itu, malah daya aki cepat sekali habis dan membuat mobil jadi tekor.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.