Apa Yang Bikin Setir Mobil Jadi Berat?

Apa Yang Bikin Setir Mobil Jadi Berat?, HaloBengkel.com – Kamu pernah ngalamin gak sih, ketika sedang berkendara setir mobil kamu

Apa Yang Bikin Setir Mobil Jadi Berat?, HaloBengkel.com – Kamu pernah ngalamin gak sih, ketika sedang berkendara setir mobil kamu terasa berat saat dikendarai? Karena jika hal ini terjadi bisa mengganggu dan berbahaya lho, dengan sensasinya yang berat saat mengemudi bisa menyulitkan kendali mobil dan akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat sedang mengendarai mobil. 

Jika kondisi mobil kamu sudah masuk mobil tua dan jarang banget di servis makan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil, salah satunya adalah kondisi setir mobil. Berikut ini adalah kenapa penyebab setir mobil berat dan ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa sih setir mobil berat?

Pada dasarnya kerusakan pada bagian power streeing mobil itu bisa disebabkan oleh setir mobil yang tiba – tiba mulai terasat berat. Berikut adalah penyebabnya

  • Ketika Ban Mobil Kempes

Walaupun letak ban mobil dan setir lumayan jauh, karenan komponen ini masih dalam satu sistem dan mempunyai peran yang sama pentingnya dengan power steering.

Contohnya seperti jika ban mobil kamu kempes yang biasanya disebabkan kurangnya tekanan angin, maka power steering akan menjadi sangat berat dan susah untuk dikontrol.

Untuk menghindarinya resiko tersebut, kamu harus sering memperhatikan dan memeriksa tekanan angin ban mobil kamu secara rutin, apabila tekanan anginnya sudah berkurang segeralah untuk mengisi ulang sesuai yamg sudah dianjurkan.

Baca juga: Tips Berkendara di Jalan Rusak

  • Pompa Oli Dari Power Streeing Tersumbat

Jika semisalnya masih terdapat oli power steering didalam tangki, tapi stir mobil masih terasa berat, biasanya itu disebabkan oleh adanya pompa oli yang tidak bekerja secara semestinya dan bisa menghambat proses kerja sirkulasi oli.

Dan selanjutnya yang akan terjadi, tekanan hidolik menuju ke power steering rack akan berkurang sehingga bisa menyebabkan setir mobil terasa berat saat mengemudi.

Dan biasanya penyebab ini terjadi tersumbatnya cara kerja pompa oli, sumbatan tersebut bisa terjadi karena oli jarang sekali diganti sehingga oli kotor atau kamu menggunakan oli yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan mobil kamu.

  • Habisnya Oli Power Steering

Untuk setir mobil bisa bergerak dan berputar secara sempurna, maka mobil membutuhkan oli untuk pelumasnya. Jika oli di bagian power steering sudah habis maka hal ini bisa terjadi penyebabnya setir mobil kamu berat.

Solusinya adalah kamu harus tetap memastikan bahwa penyebabnya setir mobil berat adalah kurangnya jumlah oli dan kamu harus cek bagian tabung reservoir yang berada di dalam ruangan mesin mobil.

  • Terkendalanya Rack Steer

Nah, peran rack steer ini adalah untuk penghubung antara setir mobil dengan kaki – kaki mobil. Dengan adanya ini dapat menjaga pengemudi akan tetap stabil dan mudah di gerakkan.

Jika pada saat mengemudi sulit dikontrol, maka itu tandanya rack steer sudah mulai longgar. Dan kamu dapat segera melakukan pengaturan ulang dan bisa segera menggantinya dengan komponen yang baru, sehingga nanti kemudi akan segera kembali stabil.

  • Rusaknya Power Steering Belt

Rusaknya power steering belt juga bisa menyebabkan setir mobil terasa berat. Dengan fungsinya yang memutar pompa oli agar dapat menghasilkan tekanan hidrolik.

Jika belt ini sudah mengalami kerusakan atau putus maka dengan otomatis pompa oli power steering tidak bisa berputar pada semestinya. Dan efek yang akan terjadi adalah pengemudi akan kehilangan tekanan dan akan membuat pengemudi jauh lebih berat dari pada saat normal.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi