Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Share This Post

mobil bekas

Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas, HaloBengkel.com – Membeli mobil bekas bisa sangat menguntungkan apalagi jika anda mendapatkan mobil yang murah dengan kondisi yang masih bagus. Namun meskipun anda mendapatkan mobil bagus, anda juga masih tetap harus memastikan bahwa mobil yang anda beli tersebut tidak akan mengalami kerusakan selama anda kendarai.

Untuk itu ada baiknya setelah membeli mobil bekas, anda harus segera membawa mobil tersebut ke bengkel dan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Jadi sebelum berencana membeli mobil bekas, anda perlu menganggarkan juga untuk biaya servis.

Lalu apa saja yang perlu anda periksakan setelah membeli mobil bekas?

  • Tune up engine

tune up mobil

Poin utama dalam tune up mesin adalah mengoptimalisasi dan membersihkan pembakaran mesin. . Untuk mengembalikan performa mobil bekas yang anda beli diperlukan juga melakukan engine flush. Jadi sangat jelas bahwa tune up engine sangat penting dilakukan setelah anda membeli mobil bekas.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Untuk Wanita

  • Cek dan ganti oli

ganti oli mobil balikpapan

Anda perlu memeriksa seluruh jenis oli pada mobil anda mulai dari oli mesin, oli gardan, oli transmisi, oli kompresor AC, dan termasuk juga minyak rem. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan bahwa oli pada kendaraan anda seluruhnya baru. 

Jadi anda bisa memastikan kapan waktu selanjutnya untuk mengganti oli. Selain itu dikhawatirkan pemilik mobil sebelumnya jarang mengganti oli sehingga banyak kotoran yang mengendap.

  • Cek Radiator mobil

cek radiator mobil

Radiator perlu anda periksa untuk mengetahui tekanan dan kompresinya. Jika diperlukan, anda juga bisa mengganti coolant dan tutup radiator yang sebelumnya. 

Mengganti tutup radiator sangat krusial karena tutup radiator memiliki karet dan per yang setelah pemakaian mobil bertahun-tahun pasti akan mengendor. Jika karet dan per pada tutup radiator tersebut mengendor, resikonya adalah saat tekanan pada radiator naik coolant akan terbuang ke reservoir.

Jika anda membeli mobil dengan usia di atas 5 tahun, maka anda juga perlu mengganti termostat. Fungsi utama termostat adalah untuk menjaga suhu di dalam blok mesin terjaga. Dengan mengganti termostat, setidaknya anda akan merasa tenang dan tak perlu menggantinya lagi selama penggunaan mobil anda 5 ahun ke depan.

  • Cek interior mobil

Hal yang tak boleh luput dari pengecekan setelah membeli mobil bekas adalah interior mobil. Apalagi interior mobil adalah bagian yang langsung bersentuhan dengan anda. Sehingga jika terdapat sesuatu yang mengganggu kenyamanan berkendara, anda bisa segera menggantinya.

Anda juga bisa meminta pihak bengkel untuk membuka karpet dasar pada mobil. Ini bertujuan untuk memeriksa jika terdapat karat pada body mobil yang tertutup karpet tersebut. Apabila dirasa perlu untuk mengganti karpet dasar mobil, maka anda juga bisa menggantinya sekalian. Pastikan anda juga menyemprotkan anti karat sebelum memasang kembali karpet dasar pada mobil anda.

Itu dia beberapa tips yang bisa anda lakukan setelah membeli mobil bekas. Jika perawatan yang anda lakukan tepat, maka dapat dipastikan mobil bekas yang anda beli akan terasa seperti mobil baru dengan performa yang tak kalah prima.

Khusus warga Balikpapan, manfaatkan service terbaik dari bengkel mobil Balikpapan HaloBengkel..

This Post Has 6 Comments

Leave a Reply