Bahaya Tidak Rutin Cuci Mobil Saat Musim Hujan

Bahaya Tidak Rutin Cuci Mobil Saat Musim Hujan, HaloBengkel.com – Banyak pemilik mobil yang merasa bahwa mencuci mobil saat musim

Bahaya Tidak Rutin Cuci Mobil Saat Musim Hujan, HaloBengkel.com – Banyak pemilik mobil yang merasa bahwa mencuci mobil saat musim hujan adalah hal yang sia-sia. Anggapan tersebut muncul karena beberapa hal seperti mobil bisa langsung kotor lagi jika terkena genangan air di jalan atau lebih parahnya mobil bisa terkena banjir.

Rasa was-was itu tentu aja wajar, tapi tahukah anda bahwa jika tidak rutin cuci mobil saat musim hujan bisa berakibat buruk? 

Sebelum kesana, kita perlu tahu apa aja nih kandungan yang ada dalam air hujan:

Kandungan air hujan sebenarnya tidak mesti sama di setiap daerah. Air hujan di daerah pegunungan tentu memiliki kandungan garam yang lebih rendah dari air hujan di aderah pesisir pantai. Beberapa zat kimia yang ada di dalam air hujan pun bisa saja berbeda tiap daerah. Namun umumnya air hujan mengandung beberapa zat berikut ini:

  • Zat asam

Ada 2 zat asam yang bisa muncul dalam air hujan, pertama yaitu asam nitrat dan yang kedua adalah asam zulfat. Air hujan yang normal mengandung asam nitrat dengan tingkat pH 6, namun kandungan asam zulfat bisa naik hingga pH 5 atau ke bawah jika lingkungan sekitar terdapat pencemaran dari limbah pabrik. 

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Garam

Selain mengandung asam, air hujan juga mengandung garam dalam tingkat yang normal. Kandungan garam bisa lebih tinggi jika hujan terjadi di kawasan pesisir pantai karena uap dari laut langsung turun sebagai hujan.

  • Carbon

Dalam air hujan juga mengandung zat karbon. Zat karbon yang terdapat pada air hujan yaitu berupa silika dan juga fly ash. Silika dan fly ash adalah zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air jadi terbentuklah hujan.

  • Mineral

Air hujan ternyata juga memiliki kandungan mineral, seperti contoh kalsium dan magnesium tapi jumlahnya sedikit. Di kebanyakan kasus, konsentrasi kimia pada air hujan dalam batas yang dapat diterima.

  • Zat padat

Terakhir, air hujan juga mengandung zat padat seperti debu- debu atau zat padat yang mudah larut serta gas. Namun tentu saja semua kandungan ini masih dalam batas wajra.

Bahaya jika tidak rutin cuci mobil ketika musim hujan:

Meski terlihat bersih, namun air hujan memiliki banyak kandungan di dalamnya. Jika air hujan itu didiamkan menempel pada mobil tanpa langsung dicuci, beberapa masalah seperti ini akan muncul:

  • Jamur air

Jamur air ini bisa muncul jika mobil dibiarkan sampai mengering setelah terkena air hujan. Jamur tersebut berbentuk bercak putih dan biasanya menempel pada kaca dan body mobil. Jika udah muncul jamur, kamu tidak bisa menghilangkannya hanya dengan air atau mencuci mobil saja. Perlu cairan khusus jamur air untuk membuangnya.

Namun jika anda ingin menggunakan cairan penghilang jamur air pastikan anda menggunakan merek bagus yang dibuat khusus untuk mobil. Karena jika anda menggunakan merek asal, coating dan cat mobil malah bisa rusak. Kaca mobil juga bisa menjadi buram karena cairan tersebut.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Karat

Saat hujan mobil rawan terkena cipratan air yang sudah tercampur dengan lumpur di jalan. Ditambah lagi air hujan ternyata memiliki kandungan garam dan zat asam yang juga bisa menyebabkan karat pada logam dan besi. Untuk itu sebaiknya segera siram mobil dengan air bersih ketika di rumah. Bersihkan tanpa sabun, lalu lap dengan kanebo agar kering. Dengan begitu munculnya karat bisa dicegah. Bila perlu semprotkan anti karat agar perlindungan menjadi lebih maksimal.

  • Warna cat pudar

Air hujan yang menempel pada body mobil memiliki kandungan kimia. Jika dibiarkan mengering dengan sendirinya secara berulang kali tentu akan membuat warna cat mobil menjadi kusam. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya yuk rutin mencuci mobil saat terkena hujan. 

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi