Baru Punya Mobil Matic? Gini Cara Merawatnya

Baru Punya Mobil Matic? Gini Cara Merawatnya, HaloBengkel.com – Siapa disini penggemar mobil matic? Dan sudah ada yang tahu belum

Baru Punya Mobil Matic? Gini Cara Merawatnya, HaloBengkel.com – Siapa disini penggemar mobil matic? Dan sudah ada yang tahu belum kalau mobil matic sekarang sudah banyak sekali peminatnya lho.

Kerena mobil matic adalah kendaraan roda empat yang mudah digunakan buat pemula yang sedang ingin belajar mobil khususnya bagi kaum hawa. Tapi, kamu juga harus paham tentang cara merawat mobil matic lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual.

Tips Merawat Mobil Matic Kamu Supaya Tetap Awet:

  1. Rutin Ganti Oli

Untuk mesin matic perawatnya sangat tergantung pada kesehatan oli dan oli trasmisi. Jadi, kamu harus menjadwalkan tiap kali ingin menganti oli transmisi secara rutin dan juga dapat ditentukan dengan jarak tempuh mobil. Biasanya mobil matic diwajibkan mengganti oli ketika sudah menempuh jarak 25 ribu km atau maksimal di 50 ribu km.

Pastikan kamu memilih oli mobil yang bagus dan berkualitas dan kamu selalu cek oli mobil melalui dipstick. Jika posisi oli kamu sudah berada di garis terendah, sudah pasti oli kamu sudah ada kebocoran dan segeralahnya ditangani.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  1. Rutin Panaskan Mobil 

Dengan memanaskan mobil setiap hari secara rutin, salah satu cara untuk merawat mobil kamu, baik mobil matic maupun mobil yang manual. Walaupun keliatan nya hal yang sepele tapi yang perlu kamu ketahui bahwa mobil matic itu lebih ribet untuk memanaskan mesinnya.

Karena jka mobil matic dipanaskan setiap hari akan membuat mesin mobil matic tetap bagus dan akan jarang mengalami gangguan. dan keunggulannya lagi jika kamu rutin memanaskan mobil matic maka oli mobil akan selalu merata ke seluruh bagian komponen mesin mobil kamu. jangan lupa jika kamu sedang memanaskan mobil matic, transmisi dalam keadaan posisi netral dan tetap nyalahkan AC ya.

  1. Kontrol Kondisi Valve 

Dimesin mobil matic ada komponen valve yang sewaktu-waktu bisa saja bisa bocor jika cara memindahkan transmisi yang cukup kencang. Namun jika mesin valve sudah mengalami kebocoran pasti akan menjalur ke komponen transmisi lainnya. Dan dapat mengganggu kenyamanan saat kamu sedang mengendarai mobil. Atau kerusakan mesin valve juga bisa disebabkan dengan hentakan gas yang terlalu berlebihan.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  1. Hindari Menginjak Gas Mendadak

Pada dasarnya mobil matic didesain untuk penggemudi yang santai dan tidak menggemudi dengan terlalu agresif. Alangka baiknya jika menginjak gas perlahan dari posisi berhenti sampai melaju mobil secara halus atau pelan-pelan.

5.Rutin Service Mobil

Pada saat kamu membeli mobil matic pastikan kamu sudah memahami panduan untuk merawatnya dan cara mengendarainya. Bisa jadi setiap merek mobil sudah mempunyai prosedur tau cara perawatan yang berbeda-beda.

  1. Pastikan Posisi Transmisi Diposisi N

Salah satu untuk merawat mobil matic kamu adalah selalu memastikan posisi transmisi netral saat berhenti ya. Karna mobil matic akan melaju secara perlahan pada saat transmisi dalam keadaan “D” walau tidak sedak menginjak rem. Nah, pastikan juga kamu mengubah transmisi “N” kalau mau berhenti. 

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi