Berapa Lama Cas Aki Mobil?

Share This Post

aki mobil

Berapa Lama Cas Aki Mobil?, HaloBengkel.comAki memiliki peran yang sangat penting untuk mobil, yaitu menyuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil. Jika aki sudah mulai lemah, kinerja mobil pun mulai berkurang, seperti misalnya suara klakson yang mulai menurun hingga mobil sulit dinyalakan. 

Jika kondisi ini terus dibiarkan, aki bisa rusak dan anda harus menggantinya dengan aki baru. Padahal usia aki umumnya lebih dari 2 tahun jika dirawat dengan baik.

Untuk merawat aki dan menjaganya terus dalam kondisi baik, anda bisa dengan rutin melakukan charging atau cas aki mobil anda. Beberapa kondisi seperti mobil yang didiamkan berhari-hari akan membuat kondisi aki cepat rusak. 

Hal ini karena pada dasarnya saat mobil menyala aki juga mengambil dan menyimpan daya dari mobil, sehingga saat mobil didiamkan tanpa menyala hingga berbulan-bulan, aki tentu akan melemah.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Berapa lama waktu pengecasan aki mobil tergantung pada besaran AH (Ampere Hour) pada aki dan juga pada charger aki anda. Itu pun nantinya masih dibedakan lagi dengan cara pengecasan yang akan anda lakukan. Setidaknya terdapat 2 cara pengecasan yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut.

Pengisian lambat (low charging)

Waktu cas aki tiap mobil akan berbeda dari satu mobil ke mobil lain. Hal ini ditentukan oleh besaran AH aki mobil anda. Untuk mengetahui besaran angka “AH” pada aki mobil, kamu bisa melihatnya pada bagian aki mobil. Biasanya di sana akan tertulis spesifikasi AH aki mobil anda. 

Sebagai contoh, aki mobil tipe NS40 dengan spesifikasi 12 Volt 32Ah jika dilakukan pengecasan dengan cara low charging maka anda perlu mengalikannya dengan 10% untuk menentukan charger yang tepat. Perhitungan lebih lengkapnya sebagai berikut:

  • Cara mengetahui charger yang tepat:

32Ah (angka disesuaikan dengan AH aki anda) x 10% = 3,2 Ampere.

Namun karena tidak ada trafo 3,2 Ampere di pasaran, maka anda bisa menggunakan trafo dengan 5 Ampere.

  • Cara menentukan berapa lama waktu charging:

(32Ah : 5A) + [(32Ah : 5A) x 20%]

= 6,4 + [6,4 x 20%]

= 6,4 + 1,28

= 7,68 jam atau sekitar 8 jam.

32Ah adalah besaran AH pada aki anda, kemudian 5A adalah besaran ampere alat charging yang anda gunakan, dan terakhir 20% adalah angka persentase untuk melakukan low charging.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Pengisian cepat (fast charging)

Dengan contoh yang sama seperti di atas, sekarang mari hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk aki tersebut melakukan pengecasan dengan metode fast charging. Detail hitungannya sebagai berikut:

  • Cara mengetahui charger yang tepat:

32Ah (angka disesuaikan dengan AH aki anda) x 40% = 12,8 Ampere.

Namun karena trafo di pasaran tidak ada yang memiliki tegangan 12,8 Ampere, maka anda bisa menggunakan trafo dengan tegangan 10 Ampere.

  • Cara berapa lama menentukan waktu charging:

(32Ah : 10A) + [(32Ah : 10A) x 20%]

= 3,2 + [3,2 x 20%]

= 3,2 + 0,64

= 3,84 jam atau sekitar 4 jam

Melihat perbedaan waktu yang dibutuhkan, mungkin anda berpikir untuk melakukan pengecasan cepat atau fast charging. Namun sebetulnya tidak semua kondisi aki bisa melakukan fast charging. Jika aki anda pernah drop atau soak, maka pengisian dengan cara fast charging tidak disarankan. 

Karena jika anda memaksakan fast charging pada kondisi aki yang pernah drop atau soak, maka kerusakan akan semakin parah. Sebaliknya, jika aki anda baru dan belum pernah drop sebelumnya, maka disarankan untuk melakukan pengisian cepat atau fast charging.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.