Berapa Lama Periode Penggunaan Ban Mobil

Berapa Lama Periode Penggunaan Ban Mobil, HaloBengkel.com – Jika umur ban mobil kamu sudah lama banget atau bisa dibilang sudah

Berapa Lama Periode Penggunaan Ban Mobil, HaloBengkel.com – Jika umur ban mobil kamu sudah lama banget atau bisa dibilang sudah tua. Maka ban mobil kamu harus segera diganti dengan yang baru, agar tetap bisa menjaga keselamatan kamu saat sedang berkendara. Karena dalam ban mobil harus menjadi hal yang harus selalu diperhatikan.

Selain fungsi ban mobil untuk penggerak, ternyata ban mobil juga mempunyai peran yang penting untuk keselamatan saat berkendara, dan ban juga memiliki peran pada komponen kaki-kaki mobil dan lainnya.

Maka dari itu keadaan ban mobil menjadi hal yang wajib kamu perhatikan khususnya bagi kamu yang sudah memiliki kendaraan. Dan biasa nya yang sering ditanyai oleh pemiliki kendaraan adalah perkapan ban mobil harus segera diganti?

Berapa Sih Umur Ban Mobil Yang Harus Diganti?

Karena ban mobil terbuat dari bahan karet, dan pastinya akan lentur karetnya jika semakin lama makan akan berubah dengan seiring berjalannya waktu.

Dan jika semakin lama lagi, karet ban nantinya akan semakin berkurang kelenturannya, sehingga karet akan berujung menjadi getas.

Jika ban mobil kamu sudah menjadi getas makan ban akan kehilangan kelenturannya. Hal ini disebabkan oleh, dengan adanya banyak aktivitas kendaraan mobil kamu sehingga ban mobil kamu mempunyai usia pakai yang sangat singkat.

Pada umumnya, jika usia ban mobil sudah mencapai lebih dari 3 tahun. maka kamu harus melakukan penggantian ban ketika ban mobil kamu sudah mencapai usia ini. walaupun kembangnya masih terlihat tebal, atau belum pernah digunakan, ban juga harus tetap diganti ya. 

Baca juga: Penjelasan Lengkap Pengertian Sunroof di Mobil

Jika kamu lupa untuk mengganti ban sedangkan usia ban mobil sudah lebih dari 3 tahun, maka ban mobil kamu tidak akan nyaman saat digunakan, dikarenakan ban sudah mulai mengeras dan tidak lentur.

Jika kamu ingin mengganti ban mobil, hal yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan kan kamu sudah memilih merk mobil ban yang terbaik dan bagus. Untuk harga gantinya nanti bisa disesuaikan dengan merk ban mobil yang akan kamu pilih.

Berikut adalah tanda ban kendaraan mobil kamu harus segera diganti:

  1. Cek Ketebalan Tapak Ban

Karena pada dasarnya ban mobil memiliki batas TWI atau Tread Wear Indicator. Nah, tanda ini bisa dibilang batas keausan ban yang dizinkan agar ban tetap bisa digunakan. Namun jika kembang ban sudah menyentuh TWI, berarti ban harus segera kamu ganti.

  1. Jarak Tempuh Sudah Diangka 40 Ribu Kilometer

Jika kondisi ban mobi kamu belum mencapai usia 3 tahun penggunaan. dan jika jarak tempuh kamu sudah diangka 40 ribu kolometer, maka kamu sudah harus mengganti ban mobil.

Walaupun ban mobil kamu kelenturannya masih bagus, tapi jarak tempuhnya sudah diangka 40 ribu kilometer, maka ban akan aus. Pada dasarnya ban yang sudah menempuh jarak 15 ribu hingga 20 ribu kilometer pertahunnya.

  1. Ban Sudah Gudul Dibagian Tengah

Nah, tanda ban sudah gundul dibagian tengah juga, harus segera diganti ya. Hal ini terjadi karena pengemudi memiliki kebiasaan saat berkendara. Atau jika ban yang gundul hanya di tengah saja tai di tepinya masih bagus, itu menandakan kalau ban sudah tidak seragam lagi. Jadi lebih baik kamu segera mengganti ban mobilnya. 

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi