Bikin Plong Mesin, Ini Dia Manfaat Flushing Oli Mobil

Share This Post

flushing oli mobil

Bikin Plong Mesin, Ini Dia Manfaat Flushing Oli Mobil, HaloBengkel.com – Flushing oli mobil adalah salah satu cara kita merawat mesin mobil agar tetap dalam performa terbaik mobil kamu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kamu yang memiliki kendaraan mobil. Yaitu mobil dengan mesin pembakaran yang internal sudah pasti akan membutuhkan pelumas atau oli untuk menunjang kinerja mesinnya.

Nah, fungsi dari oli atau pelumas itu sendiri adalah untuk mendinginkan dan untuk melindungi komponen-komponen yang ada didalam mesin mobil. Adanya oli atau pelumas didalam komponen-komponen metal yang sedang bergesekan di dalam mesin dapat beroperasi dengan lancar sesuai kinerjanya masing-masing.

Kita sebagai konsumen juga perlu menggetahui dan memahami kondisi oli akan tetap menurun seiring waktu penggunaannya. Jika oli atau pelumas sudah berkurang kualitasnya makan akan lebih parah lagi nanti akan muncul kerak atau oli sludge yang berada didalam mesin mobil kamu.

Namun, jika kondisinya sudah seperti itu, maka flushing oli lah solusi nya untuk mobil kamu. Untuk yang belum mengetahui oil stludge adalah berbentuk semacam bubur berwarna cokelat. Terjadinya kemunculan oil stludge itu bermacam-macam, bisa dari memakai oli palsu, penguapan, atau sebagainya.

Lalu Apa Sih Flushing Oli Pada Mobil Itu?

Flushing oli mobil adalah suatu proses cara untuk membersihkan bagian dalam mesin kendaraann mobil agar mesin mobil tetap baik dan tetap aman. Salah satu caranya menggunakan cairan khusus yang akan dimasukan kedalam oli mesin mobil.

Lalu mesin mobil segera dinyalahkan ketika beberapa saat sebelum akhirnya oli mesin mobil yang sudah kotor dibuang. Dan flushing oli juga jangan dilakukan secara keseringan ya, karena bisa menyebabkan mesin rusak.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Kapan Sih Waktu Yang Cocok Untuk Flushing Oli?

Karna fushing oli bisa bermanfaat untuk perawatan mesin pada mobil, tapi usahakan jangan terlalu sering dilakukan ketika sedang ingin mengganti oli ya, soalnya ada beberapa teori yang mendasarinya, seperti karena alasan teknis, atau hal ini juga akan menambah biaya perawatan kendaraan mobil kamu.

Jadi, menurut beberapa narasumber, flushing oli itu cukup dilakukan kira-kira setiap 20.000 km saja. Dan itu artinya hanya setiap dua kali penggantian oleh mesin.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Namun, kebanyakan mayoritas produsen yang memiliki kendaraan selalu merekomendasikan penggantian oli mesin secara berkala disetiap 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali. Tapi tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Sesungguhnya yang terpenting ialah kapan waktu yang cocok untuk segera melalukan flushing oli itu adalah melakukan penggantian oli mesin secara berkala. 

Jika kendaraan mobil kamu jarang digunakan makan itu akan menyebabkan munculnya kerak pada mesin mobil kamu. itu sebabnya sirkulasi oli di dalam mobil tidak berkerja secara kinerjanya.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.