Pertolongan Pertama Mobil Mogok

Saat menggunakan kendaraan pribadi, kita perlu bersiap jika sewaktu-waktu mobil mogok. Ada baiknya untuk terus menjaga performa kendaraan karena salah satu penyebab mobil mogok adalah kurangnya perawatan.

Lalu, apa yang harus kita lakukan saat kendaraan mogok? Berikut ini adalah beberapa tips pertolongan pertama untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan lanjutan yang lebih parah.

  1. Jangan panik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tenangkan pikiran dan jangan panik, terlebih bagi pengendara awam yang belum begitu menguasai mesin mobil. Pikiran gegabah, seperti meninggalkan mobil di tengah jalan begitu saja, bisa membawa kita ke masalah lainnya. Jadi, tetaplah bertindak dengan kepala dingin.

 

  1. Dorong mobil ke pinggir jalan

Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mendorong mobil ke pinggir jalan agar tidak mengganggu lalu lintas. Selain itu, mobil tentu lebih aman jika berada di luar jalur sehingga tidak ada kemungkinan ditabrak dan semacamnya.

 

Jika sudah di pinggir jalan, segera nyalakan lampu hazard atau memasang penanda lain (segitiga pengaman, ranting pohon, dll) untuk memberi sinyal pada pengendara lain. Sehingga, kendaraan yang lewat bisa lebih berhati-hati ketika melintas di dekat kita.

 

  1. Cek mesin mobil

Beberapa penyebab umum mobil mogok adalah radiator bocor, pembakaran busi berlebihan, dan rem overheat.

 

Saat mendaki jalan yang menanjak, mobil akan rentan mengalami rem yang overheat. Ini bisa terindikasi pada terciumnya bau kampas rem hingga ke dalam mobil. Jika hal ini terjadi, cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah menepi dan biarkan mobil beristirahat paling tidak 30 menit. Kita juga bisa menggunakan teknik engine brake untuk mengakali rem yang overheat.

 

Jika radiator bocor, segera dinginkan mesin terlebih dahulu lalu tambal kebocoran di selang radiator menggunakan lakban atau tape hingga rapat. Untuk masalah pembakaran busi yang berlebihan, setiap pabrik mobil selalu membekali produknya dengan set kunci, termasuk kunci busi. Kita bisa mengganti busi sendiri dengan memasukkan kunci ke busi kemudian membuka bautnya untuk diganti.

 

  1. Kontak bengkel terdekat

Jika kendaraan tidak bisa tertolong dengan cepat, lebih baik kita segera menelepon bengkel langganan. Dengan bantuan mekanik bengkel, tentu masalah kendaraan kita akan lebih cepat diselesaikan.

 

Jika berada di Balikpapan, salah satu bengkel online yang bisa kita hubungi adalah HaloBengkel. HaloBengkel menyediakan fasilitas perawatan mobil online pertama di Balikpapan. Jangan lagi bingung dengan masalah mobil, semua track record servis kita akan tercatat secara digital di website HaloBengkel.