Cara Cek Mobil Bekas Yang Mudah

Share This Post

mobil bekas

Cara Cek Mobil Bekas Yang Mudah, HaloBengkel.com – Baru-baru ini berbagai cara cek mobil bekas sudah sangat umum kita ketahui. Dengan kita melihat berbagai cara untuk mengecek mobil bekas, kita akan lebih mudah mengetahui bagaimana kualitas mobil bekas tersebut. Nah mau tahu bagaimana caranya? Yuk kita simak penjelasan berikut.

Cara Cek Mobil Bekas Dengan Mudah

Ketika Anda hendak berkeinginan membeli mobil bekas, tentu melihat bagaimana kualitasnya sangat penting sekali di lakukan. Jangan salah, meskipun mobil bekas terkadang juga tidak kalah dengan mobil-mobil yang masih baru. Mobil bekas juga ada yang memiliki kualitas prima dan tentunya juga baik.

Biasanya mengecek terkait kualitas mobil bekas adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum pembelian. Hal tersebut tentu dilakukan dengan tujuan agar mendapat mobil bekas dengan kualitas yang terbaik dan dapat dikatakan tidak perlu memakan biaya banyak untuk perbaikan selanjutnya.

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan cek pada mobil bekas tersebut. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan mobil bekas tersebut. Mau tahu apa saja caranya? Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Bagaimana Cara Cek Mobil Yang Sudah Bekas?

Pengecekan mobil bekas sangat diperlukan untuk mengetahui kualitasnya secara mendalam. Hal tersebut dilakukan agar setelah membeli kita tidak akan kecewa dengan kualitas mobil bekas tersebut. Berikut adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengecek mobil bekas.

  • Cek Mesin Pada Mobil

Cara untuk cek mobil yang bekas pertama adalah pengecekan bagian mesin mobil. Biasanya pengecekan pada mesin ini menjadi hal utama yang harus dilakukan. Mengapa demikian? Karena seperti yang kita ketahui bahwa mesin adalah komponen terpenting pada mobil.

Lakukan cek apakah mobil bekas tersebut pernah turun mesin (overhaul) atau tidak. Anda juga dapat mengeceknya dengan memeriksa bagian pada mesin. Jika ditemukan tanda-tanda seperti pernah di cat maka dapat dikatakan mobil tersebut pernah mengalami turun mesin. Namun, apabila tidak ada tanda-tanda seperti itu dapat dipastikan mobil tersebut belum mengalami turun mesin.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Lakukan Cek Getaran Mesin

Cara kedua untuk mengecek mobil yang bekas yaitu dengan memeriksa getaran mesinnya. Jika saat kondisi mobil menyala dan getarannya tidak wajar tentu hal tersebut akan menjadi tanda bahwa kondisi mobil kurang baik.

Biasanya getaran pada mobil yang tidak wajar, hal tersebut menandakan bahwa pada mesin mobil tersebut telah mengalami engine mounting atau kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Sehingga sangat penting diperhatikan terkait dengan getaran mesin ini.

  • Cek Pada Rembesan Oli Atau Bensin

Selanjutnya yaitu lakukan cek pada rembesan oli atau bensin mobil bekas tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mengetahui ada dan tidaknya kebocoran pada oli atau bahan bakar mobil. 

Perlu Anda ketahui, bahwa pada mobil bekas yang terawat dengan baik, tentu tidak akan ada kebocoran atau selang pada mobil tersebut. Sehingga adanya pemeriksaan pada bagian rembesan oli dan bahan bakar ini cukup penting dilakukan

  • Coba Starter Mobil

Cara mengecek kondisi mobil bekas berikutnya adalah dengan cara menstarter mobil tersebut. Pastikan saat di starter mobil tidak tersendat-sendat. Nah, apabila saat dilakukan starter mobil suaranya tersendat pada coba cek pada bagian aki mobil. Kemungkinan aki mobil tersebut sedang bermasalah atau memang mobil jarang di servis.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Dengarkan Suara Mesin

Meskipun dikatakan mobil bekas, namun terkait dengan mesin ini sangat penting diperhatikan. Mesin yang masih dalam kondisi bagus akan mengeluarkan suara yang halus dan juga konstan. 

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan mesin yang memiliki kondisi yang kurang baik. Sehingga suara mesin ini juga penting Anda perhatikan dalam pemilihan mobil bekas.

  • Periksa Bagian Knalpot

Bagian selanjutnya yang harus di cek pada mobil bekas yaitu bagian knalpot. Biasanya pada mobil yang bermasalah gas yang dikeluarkan pada knalpot tidak wajar atau dapat dikatakan berlebihan. Pastikan juga jangan sampai Anda membeli mobil bekas dengan knalpot yang rusak misalnya penyok atau retak.

Melalui berbagai cara cek mobil bekas tersebut Anda akan dengan mudah mengetahui keadaan mobil bekas yang Anda pilih. Sehingga hal tersebut akan menjadi pertimbangan lagi bagi Anda dalam pemilihan mobil bekas yang memiliki kualitas baik. Yang pastinya bukan bagian luarnya saja, namun bagian dalamnya juga memiliki kualitas yang cukup baik.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.