Cara Cek Mobil Bekas

Cara Cek Mobil Bekas, HaloBengkel.com – Bagi orang-orang yang ingin membeli mobil bekas, mereka wajib tahu bagaimana cara mengecek mobil

Cara Cek Mobil Bekas, HaloBengkel.comBagi orang-orang yang ingin membeli mobil bekas, mereka wajib tahu bagaimana cara mengecek mobil bekas sebelum membelinya. Sebab, tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang masih bagus dan layak dibeli dengan harga cukup tinggi. Berbagai bagian mobil yang wajib diperhatikan adalah mesin, interior, cat mobil, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang membeli mobil bekas tanpa memperhatikan berbagai bagian tersebut, maka hal itu dapat membuatnya sia-sia telah mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Untuk itu, mari kita memahami cara-cara mengecek kualitas mobil bekas sebelum membelinya!

Salah satu alasan mengapa ada sebagian orang yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas adalah karena harganya lebih rendah dibanding harga mobil baru. Bahkan, saat ini juga sudah ada banyak mobil bekas yang dijual dengan kualitas terbaik. Namun, pilihlah mobil bekas yang masih berkualitas dengan melakukan:

Tak banyak orang yang tahu bahwa dari bagian bagasi mobil kita bisa melihat kualitas dari mobil bekas tersebut. Pastikan bagian mobil tersebut masih bisa terbuka dengan baik dan bisa digunakan untuk menyimpan barang dengan aman. Sebab, bagasi memiliki fungsi yang cukup penting bagi sebuah mobil.

Selain itu, perhatikan juga bagian tersebut apakah ada yang berkarat atau mengalami kerusakan jenis lainnya. Perhatikan setiap sisi bagasi mobil apakah ada yang berlubang, bercelah, dan tanda keausan lain yang dapat membuat mobil cepat rusak.

  • Buka Penutup Oli Mesin

Selain dari bagian bagasi, kualitas dari mobil bekas juga bisa dilihat dari tempat olinya. Maka dari itu, buka terlebih dahulu penutup oli mesinnya untuk melihat kualitas dari mobil bekas yang hendak dibeli. Jika ada residu busa di dalam tempat oli tersebut, maka ini dapat membuktikan bahwa gasket kepalanya bocor.

Karena biaya perbaikan gasket kepala mobil cenderung mahal, jadi Anda harus selalu memperhatikan bagian ini dengan baik. Pastikan untuk tidak membeli mobil bekas yang gasket kepalanya sudah rusak.

  • Pastikan AC Mobil Masih Berfungsi dengan Baik

Untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara, tentu Anda membutuhkan mesin pendingin yang satu ini. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan mengecek apakah AC dalam mobil bekas tersebut masih berfungsi dengan baik. Sebab, ada beberapa mobil bekas yang AC-nya sudah rusak.

Cara untuk mengecek apakah AC tersebut masih berfungsi adalah dengan mengaktifkan kendali suhu secara berulang. Jika tidak ada keanehan pada saat melakukan aktivitas ini, maka AC bisa dikatakan masih berfungsi dengan baik.

  • Cek Mesin Mobil

Mesin mobil adalah jantung dari kendaraan tersebut. Jadi, orang-orang perlu memilih dan membeli mobil bekas yang bagian mesinnya masih berkualitas. Meski terkesan mudah, tapi pengecekan mesin mobil bekas membutuhkan ketelitian yang tinggi. Pastikan untuk tidak memilih mobil yang di dalamnya tidak ada tanda-tanda ruang mesin pernah dicat.

  • Cobalah untuk Starter Mobil

Langkah terakhir yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas adalah mencoba untuk starter mobil untuk mengetahui kualitas dari keseluruhan mesinnya. Biasanya, mobil bekas yang masih berkualitas dapat langsung menyala tanpa tersendat-sendat. Namun, jika mobil itu tersendat-sendat ketika di-starter, maka Anda perlu mempertimbangkannya lagi.

Cara mengecek mobil bekas sebelum membelinya memang cukup mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, aktivitas ini membutuhkan ketelitian yang cukup maksimal. Jadi, pastikan Anda benar-benar teliti ketika melakukannya.

Baca juga: Pakai Oli Sesuai Umur Mobil Kamu

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi