Cara Check Kaki-kaki Mobil Bekas

Cara Check Kaki-kaki Mobil Bekas merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Pasalnya, bagian yang

Cara Check Kaki-kaki Mobil Bekas merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Pasalnya, bagian yang paling rentan mengalami kerusakan adalah kaki-kaki mobil. Apabila kaki-kakinya tidak berfungsi dengan baik maka kestabilan mobil akan terganggu ketika dikendarai.

Maka dari itu setiap komponen pada kaki-kaki mobil perlu dicek secara berkala, terutama jika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas. Pastikan untuk mengecek setiap bagian mobil dengan teliti. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi kerusakan saat nantinya digunakan.

7 Cara Check Kaki-Kaki Mobil Bekas

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan kaki-kaki mobil bekas ketika melakukan test drive.

  • Muncul bunyi dengung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika sedang melakukan test drive adalah memperhatikan bunyi pada mobil. Apabila muncul suara berdengung pada bagian kaki-kaki mobil, maka kemungkinan terdapat masalah pada bagian bearing.

Selain itu, jika terdengar bunyi seperti suara logam yang tergerus ketika Anda mengendarai mobil dalam kecepatan relatif rendah. Maka kemungkinan besar kaki-kaki mobil memiliki masalah. Anda bisa coba memastikannya dengan membelokkan roda ketika mobil sedang berjalan.

 

  • Roda tak stabil

Cara selanjutnya, Anda bisa mengecek arah pergerakan roda. Apabila roda terasa bergerak ke kiri dan kanan atau tak stabil diiringi dengan setir yang terasa sulit dikendalikan, maka hal tersebut menandakan bahwa tie rod mobil rusak.

  • Limbung saat melewati tikungan

Jika mobil terasa limbung saat berkendara melewati tikungan, maka kemungkinan komponen pendukung kaki-kaki mobil mengalami kerusakan. Komponen yang dimaksud di sini adalah bushing, contohnya seperti stabilizer dan swing arm. Bushing ini berfungsi untuk menstabilkan gerakan kendaraan.

  • Ban aus

Hal ini sering disepelekan, padahal ban aus juga berhubungan dengan rusaknya kaki-kaki mobil. Anda harus mengecek hal ini sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas. Pastikan untuk mengecek kondisi ban juga.

  • Spooring mobil berubah

Sudut keselarasan roda dengan permukaan jalan biasanya disebut dengan spooring mobil. Setiap mobil umumnya menjalani servis spooring secara berkala untuk menyelaraskan roda dengan kondisi jalan. Namun jika sudut keselarasan mobil tampak berubah ketika servis spooring walaupun telah dilakukan penyelarasan, berarti kaki-kaki mobil bermasalah.

  • Rem bermasalah

Cara berikutnya adalah dengan mengecek kondisi rem. Apabila rem terasa kurang nyaman dan menjanggal ketika diinjak maka pertanda terdapat masalah pada rem yang juga bisa berkaitan dengan kaki-kaki mobil. Anda bisa coba mengecek dengan menekan pedal rem secara teratur ketika mobil dalam keadaan berhenti.

Apabila terasa menganjal, berarti ada sedikit udara yang masuk ke dalam saluran. Anda bisa coba jalankan mobil dalam kecepatan 40-60 km/jam lalu cobalah menginjak rem. Jika rem terasa berat dan butuh tenaga lebih untuk diinjak, maka kemungkinan booster rem bermasalah.

  • Velg retak

Dan hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil adalah keadaan velg kendaraan. Apabila kondisi fisiknya mengalami kerusakan, contohnya seperti ada retakan, penyok atau goresan, maka sudah pasti terjadi masalah. Anda sebagai pembeli nantinya wajib melakukan penggantian velg baru atau memperbaikinya di bengkel.

Demikian 7 cara check kaki-kaki mobil bekas yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut. Pastikan untuk teliti ketika melakukan test drive dengan memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas.

Baca juga: Keunggulan Beli Mobil Bekas Daripada Mobil Baru

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi