Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil

Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil, HaloBengkel.com – Embun pada kaca mobil sering tiba-tiba muncul tak terduga. Biasanya embun pada

Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil, HaloBengkel.com – Embun pada kaca mobil sering tiba-tiba muncul tak terduga. Biasanya embun pada kaca mobil muncul pada saat hujan, berada di daerah yang dingin, atau di pagi hari saat memanaskan mobil. Jika kondisinya masih di rumah tentu saja embun yang muncul tidak akan menjadi masalah. Namun jika anda sedang berkendara di tengah jalan kemudian embun tersebut muncul dan menghalangi pandangan, hal ini tentu akan sangat mengganggu dan tentunya sangat membahayakan.

Penyebab munculnya embun pada kaca mobil adalah dikarenakan perbedaan suhu udara di luar dan di dalam mobil. Itulah mengapa embun hanya muncul di waktu tertentu seperti saat hujan. Suhu udara di luar mobil yang lebih dingin daripada suhu di dalam mobil membuat embun mulai bermunculan di kaca bagian dalam mobil.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil, seperti:

  • Menyalakan AC mobil

Karena penyebab munculnya embun di kaca mobil adalah suhu dalam mobil yang lebih panas dari suhu di luar mobil, maka hal paling simpel yang bisa anda lakukan adalah dengan menyalakan AC mobil. AC yang menyala akan membuat bagian dalam mobil memiliki suhu udara yang sama dengan bagian luar, bahkan lebih dingin. Dengan begitu embun pada kaca mobil akan menghilang.

Ini bisa anda lakukan juga jika sedang memanaskan mobil di pagi hari. Langsung nyalakan AC mobil saat memanaskan mobil meskipun belum akan digunakan berkendara. Dengan begini, mobil akan langsung siap digunakan tanpa harus menunggu embun menghilang.

Jika AC sudah menyala namun embun tetap muncul, ini bisa terjadi karena AC mobil tidak dingin. Untuk masalah ini, tentu saja anda perlu mengganti freon, oli AC atau mungkin melakukan servis agar AC mobil kembali dingin.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Nyalakan deffoger mobil

Ada 2 jenis defogger dalam mobil, pertama yaitu defogger bagian depan dan kedua adalah defogger bagian belakang. Meski memiliki nama yang sama, defogger depan dan belakang memiliki sistem kerja yang berbeda.

Defogger bagian depan biasanya terletak di atas dashbor. Jika anda melihat ada lubang-lubang kecil di atas dashbor, itu adalah defogger di mana nantinya akan keluar hembusan udara dingin dari sana. Deffoger depan akan fokus mendinginkan kaca mobil dengan hembusan udara dingin tersebut. Kebanyakan mobil terbaru sudah memiliki fitur defogger depan.

Jika defogger bagian depan bekerja dengan mendinginkan kaca mobil, defogger bagian belakang bekerja dengan memanaskan kaca mobil. Tidak semua mobil memiliki fitur defogger bagian belakang. Defogger belakang ditandai dengan garis-garis pada kaca belakang mobil yang terbuat dari tembaga tipis.

Saat defogger belakang menyala, tembaga akan dipanaskan dan menghilangkan kabut pada kaca. Gunakan fitur defogger belakang hanya pada kondisi hujan saja. Karena jika fitur ini dinyalakan pada cuaca panas, kaca film bisa saja mengelupas. Bahkan hal paling buruk yang bisa terjadi adalah kaca belakang pecah karena terlalu panas.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Gunakan cairan khusus

Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyemprotkan cairan khusus. Cairan anti embun sudah banyak yang jual dan anda bisa dapatkan dengan mudah dengan harga yang variatif.

Atau jika anda merasa tak perlu membeli cairan anti embun, anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan shampo rambut. Caranya sangat simpel dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan botol spray kosong kemudian isi botol spray tersebut dengan shampoo dan air. Kocok botol spray hingga shampo dan air tercampur rata. Semprotkan cairan tersebut pada bagian berembun dan lap menggunakan kain kering. Setelah itu dijamin embun tidak akan muncul lagi.

Anda bisa menyimpan cairan tersebut di dalam mobil sehingga jika suatu saat dibutuhkan, anda hanya perlu menyemprotkannya lagi.

Itu dia beberapa tips menghilangkan embun pada kaca mobil. Selalu pahami bahwa munculnya embun pada kaca mobil adalah karena suhu udara yang berbeda. Dengan memahami penyebab munculnya embun di kaca mobil, anda bisa menentukan langkah yang harus dilakukan untuk menghilangkan embun.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi