Cara Melakukan U Turn Mobil

Share This Post

Cara Melakukan U Turn Mobil

Cara Melakukan U Turn Mobil, HaloBengkel.com – Saat mengalami salah arah ketika berkendara, penting untuk segera menerapkan cara melakukan u Turn mobil.. Hal ini karena kesalahan tersebut bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba. Tentu perlu memutar kendaraan dengan benar agar tetap aman dan nyaman.

Bagaimana Cara Melakukan U Turn Mobil yang Tepat?

Anda dapat melakukan teknik u Turn ketika ingin putar balik kendaraan dalam satu kali percobaan. Teknik tersebut sangat cocok dilakukan ketika lokasi jalanan terbilang cukup luas sehingga aman melakukan perputaran sekali jalan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa cara melakukannya.

Pertama, pastikan memasukkan gigi satu kemudian memutar kendaraan secara penuh ke arah kanan. Jika sudah berada di jalur kanan, cek apakah keadaan jalan aman. Kemudian Anda dapat maju secara hati-hati hingga kendaraan tersebut berhasil balik arah.

Selanjutnya, pastikan memutar mobil ke arah kiri kemudian arahkan ke jalanan. Saat menerapkan teknik putar balik satu ini, selalu cek kendaraan kecil di sekitarnya. Contohnya saja sepeda motor yang umumnya ada di sebelah kendaraan tersebut.

promo servis mobil
Bengkel Mobil Balikpapan no 1

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Agar Melakukan U Turn Tetap Aman

Ketika ingin menerapkan teknik u Turn, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal tersebut tentu demi keamanan selama berkendara sehingga dapat meminimalisir kecelakaan terjadi. Oleh karena itu, simak dahulu selengkapnya di bawah ini:

  • Jangan Terburu-buru

Teknik u Turn sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan. Setiap pengemudi nantinya dapat melakukan putar balik arah kendaraan mereka secara langsung agar kembali ke jalur yang benar. Akan tetapi, pastikan tidak terburu-buru menginjak pedal gas saat melakukannya.

Pastikan sesekali menghentikan kendaraannya dengan menginjak pedal rem. Kemudian pedal kopling lalu Anda bisa menjalankannya ketika keadaan jalan sudah terlihat aman untuk melintasinya. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi tabrakan dengan pengendara lain.

  • Menyalakan Lampu Sein

Apabila ingin memutar balik kendaraan, jangan lupa untuk terlebih dahulu menyalakan lampu sein. Setidaknya, lakukan hal ini di awal sebelum mobil berbelok. Tentu langkah tersebut sangat penting agar pengendara lainnya bisa menjaga jarak dengan mobil Anda.

Menyalakan lampu sein juga dapat berguna untuk membantu memberikan sebuah tanda kepada kendaraan yang melintas di belakangnya. Pasalnya, akan ada mobil di bagian depan yang ingin berbelok. Tentu saja mereka akan lebih berhati-hati saat mengemudi.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Bekas

  • Periksa Rambu Putar Balik

Selain perlu memperhatikan beberapa hal di atas, sangat penting bagi Anda untuk melihat rambu-rambu di sekitar jalanan tersebut. Usahakan lokasinya memang tidak tersedia larangan untuk putar balik. Jika memang ada, maka pastikan memilih jalan yang lain agar lebih aman.

Anda dapat melakukan putar balik kendaraan di jalanan yang memang diperbolehkan untuk balik arah. Dengan begitu, tidak perlu khawatir soal keamanannya karena sudah memeriksa keadaan rambu-rambu tersebut. Hal ini agar berkendara semakin tertib.

  • Lakukan dengan Tertib

Saat ingin berbalik arah, pastikan Anda melakukannya dengan tertib. Usahakan untuk tetap mematuhi setiap peraturan lalu lintas. Selain itu, pengendara juga perlu menunggu giliran untuk maju ke arah depan sehingga jangan menerobos kendaraan lainnya.

Hal ini sangat penting agar dapat berkendara dengan lebih aman serta pengguna jalan lainnya juga akan merasa nyaman walaupun Anda harus melakukan putar arah. Pastikan juga memperhatikan ruang saat ingin melakukan u Turn apakah sudah cukup atau tidak.

Itu tadi penjelasan mengenai cara melakukan u Turn mobil yang tepat. Sangat penting bagi Anda untuk menerapkannya dengan hati-hati agar walaupun terjadi salah arah tetap dapat berputar balik dengan aman tanpa adanya kendala apapun.

inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan no 1

Leave a Reply