Ini Dia Cara Mencari Tahu Pajak Mobil

Share This Post

mazda 3 bekas

Ini Dia Cara Mencari Tahu Pajak Mobil, HaloBengkel.com –  Pajak mobil perlu dibayarkan sekali dalam satu tahun sebelum masa aktif STNK habis. Jika anda sampai terlambat memperpanjangnya, maka bersiaplah untuk membayar denda. Ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui besaran pajak mobil. Ketiga cara tersebut bisa anda lakukan secara online melalui ponsel saja. Berikut ini adalah 3 cara mengetahui pajak mobil yang bisa anda lakukan.

  • Mengetahui pajak mobil melalui website

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui pajak mobil adalah dengan membuka website samsat. Namun karena data samsat belum terpusat, maka anda perlu mengunjungi website samsat sesusai dengan provinsi mobil anda terdaftar. Anda bisa melakukan pencarian melalui Google dengan kata kunci Samsat Online dan diikuti dengan provinsi yang akan dicari. Misalnya jika kendaraan anda terdaftar di provinsi DKI Jakarta, maka anda bisa mengetik Samsat Online DKI Jakarta pada mesin pencarian Google.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Jika sudah, akan muncul website resmi samsat DKI Jakarta. Di sana anda bisa memasukan data yang berkaitan dengan mobil milik anda, mulai dari Nomor Polisi, NIK, dan juga kode huruf pada plat mobil anda.

Jika seluruh data sudah dimasukan dengan benar maka anda akan segera bisa melihat berapa besaran pajak yang harus dibayarkan.

  • Mengetahui pajak mobil melalui aplikasi E-Samsat

Selanjutnya anda bisa mengetahui pajak mobil melalui aplikasi e-samsat. Untuk melakukan ini, terlebih dahulu anda perlu meng-install aplikasi e-samsat pada ponsel anda. Aplikasi ini bisa anda unduh melalui Google Play Store jika anda menggunakan ponsel Android, sedangkan untuk ponsel dengan sistem iOS anda bisa mengunduhnya melalui App Store.

Setelah aplikasi tersebut selesai terinstall, anda perlu mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Anda akan diminta untuk memasukan data pribadi seperti nama, NIK, alamat e-mail, dan juga nomor ponsel. Lakukan verifikasi dengan cara memfoto KTP dan juga wajah anda. Jika sudah berhasil, tahap selanjutnya adalah memeriksa pajak mobil anda.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

Sama halnya dengan cara pertama tadi, pada cara kedua ini anda juga perlu memasukan nomor kendaraan. Kelebihan dari aplikasi e-samsat adalah, setelah anda mengetahui besaran pajak mobil, anda bisa langsung membayarnya dengan beberapa cara yang tersedia dalam aplikasi. Pengesahan STNK pun akan dilakukan secara online melalui data yang akan dikirim. Dengan cara ini pastinya anda bisa lebih menghemat waktu.

  • Mengetahui pajak mobil melalui SMS Samsat

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengetahui pajak mobil adalah melalui SMS Samsat. Pastikan ponsel anda memiliki pulsa, lalu ketik pesan berikut pada halaman SMS:

Info (spasi) no polisi/kode plat nomor/ kode seri plat motor/warna mobil atau motor

Kirim pesan SMS tersebut ke nomor 08112119211 dan tunggu hingga mendapat balasan.

Itu dia 3 cara mengetahui pajak mobil yang bisa anda lakukan melalui ponsel. Dengan mengetahui besaran pajak mobil yang harus dibayarkan, anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu uang yang akan digunakan untuk membayar pajak mobil anda.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.