Cara mengatasi mobil terendam banjir jakarta

Share This Post

Langkah tepat Mengatasi banjir, HaloBengkel.comBanjir seringkali membawa dampak serius, termasuk mobil yang terendam di air. Untuk menghadapi situasi ini, penting bagi pemilik mobil untuk tahu langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah panduan langkah-langkah yang harus diambil ketika mobil terendam banjir.

  • Prioritaskan Keselamatan
    Keselamatan pemilik mobil dan penumpang harus menjadi prioritas utama. Pastikan semua orang keluar dari mobil dengan aman dan segera mencari tempat yang lebih tinggi.
  • Hindari Menyalakan Mesin
    Setelah mobil terendam, hindari menyalakan mesin. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kendaraan dan memperburuk situasi. Panggil bantuan profesional atau teknisi untuk mengevaluasi kondisi mobil.

    Dwonload Aplikasi : Myhalobengkel, cara mudah servis mobil anda

  • Panggil Bantuan
    Segera hubungi layanan bantuan darurat atau derek untuk membantu evakuasi mobil dari lokasi banjir. Menunggu terlalu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan lebih lanjut pada kendaraan.
  • Jangan Coba Menghidupkan Mobil
    Setelah evakuasi, jangan mencoba menyalakan mesin mobil sebelum diperiksa oleh teknisi yang berkualifikasi. Hidrolis atau kerusakan lainnya dapat terjadi setelah mobil terendam, dan mencoba menyalakannya dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.
  • Periksa Kendaraan secara Teliti: Setelah banjir surut, lakukan pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan. Perhatikan kondisi kelistrikan, mesin, rem, dan sistem lainnya. Segera bawa mobil ke bengkel yang dapat diandalkan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Klaim Asuransi
    Hubungi perusahaan asuransi Anda secepat mungkin. Ajukan klaim dan sertakan dokumentasi foto dan laporan kondisi mobil setelah banjir. Ini penting untuk mempercepat proses klaim asuransi.
  • Jaga Dokumen-dokumen
    Simpan semua dokumen kendaraan, termasuk surat-surat penting seperti STNK, BPKB, dan polis asuransi, dalam keadaan aman dan kering. Dokumen ini akan diperlukan dalam proses klaim dan perbaikan.

    Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Hindari Tindakan Tidak Aman
    Selama proses evakuasi atau pemeriksaan, selalu ikuti petunjuk dari petugas penyelamat atau teknisi. Hindari tindakan-tindakan yang dapat membahayakan keselamatan Anda atau orang lain.
  • Pembersihan dan Penanganan Interior
    Lakukan pembersihan menyeluruh pada bagian dalam mobil. Segera bersihkan dan keringkan karpet, jok, dan bagian lainnya untuk mencegah timbulnya jamur dan bau tak sedap.
  • Pertimbangkan Pencegahan Masa Depan
    Setelah mengatasi situasi saat ini, pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti mengangkat mobil ke tempat yang lebih tinggi saat banjir diperkirakan akan terjadi.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.