Cara Mengendarai Mobil Bekas

Cara Mengendarai Mobil Bekas, HaloBengkel.com – Transmisi manual sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang orang pikirkan. Anda hanya perlu berlatih

Cara Mengendarai Mobil Bekas, HaloBengkel.com – Transmisi manual sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang orang pikirkan. Anda hanya perlu berlatih dengan tekun dan mempelajari apa itu mobil bertransmisi manual. 

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas namun tidak terbiasa dengan mobil manual, maka berikut adalah tips yang cocok bagi pemula. Apabila Anda sudah belajar dan berlatih mengendarainya dengan baik, maka nantinya tidak perlu khawatir lagi. Coba simak beberapa cara yang bisa membantu Anda lebih mahir mengendarai mobil manual.

5 Cara Mengemudi Mobil Bekas Manual

Belajar mobil manual memang tidak mudah, apalagi bagi yang dari awal mengendarai mobil matic. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu dalam melatih kemampuan mengemudi mobil manual agar lebih lihai. 

  • Kenali fungsi komponen mobil manual

Pertama-tama, Anda harus mempelajari seluruh komponen mobil manual beserta fungsi dan kegunaannya. Lakukan pengenalan dengan fitur mobil manual terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikannya, seperti pedal gas, pedal rem, pedal kopling dan juga tuas persneling.

Perhatikan dan usahakan untuk mengingat komposisi pedal. Di sebelah kanan terdapat pedal gas, kemudian pedal rem ada di tengah dan di sebelah kiri terdapat pedal kopling.

  • Berlatih menyalakan mobil

Apabila langkah pertama sudah selesai, maka Anda bisa coba mulai berlatih menyalakan mesin mobil manual. Hal pertama yang harus dilakukan yakni memindahkan tuas persneling ke posisi netral, yakni di antara gigi ketiga dan keempat. Dalam keadaan tersebut, tuas persneling bisa digerakkan dengan bebas.

Kemudian Anda bisa mulai menghidupkan mesin mobil dengan distarter, pastikan untuk menginjak pedal kopling secara penuh. Apabila mesin mobil berhasil menyala, maka lepaskan pedal kopling sementara tuas transmisi masih tetap dalam keadaan netral. Setelah itu tekan kopling sepenuhnya.

Cara terbaik untuk mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, rem dan gas yakni dengan menginjak kopling secara penuh dan ditahan. Setelah itu lepas pedal kopling secara teratur supaya terdengar suara mesin ketika mulai turun.

  • Berlatih memindahkan gigi mesin

Cara memindahkan gigi tentunya juga wajib untuk dilatih karena merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pemula. Perlu Anda ketahui bahwa pemindahan gigi yang macet bisa menyebabkan mobil berjalan maju dan mundur. Guna memperhalus perpindahan gigi mobil manual, Anda harus membiasakan diri.

Sering berlatih untuk mengendalikan pedal kopling, pedal rem dan pedal persneling secara berirama tentunya akan sangat membantu. Jika sudah terbiasa, maka mengendarai mobil manual akan terasa lebih halus dan tidak kaku lagi.

  • Berlatih meningkatkan dan menurunkan kecepatan

Anda juga wajib untuk berlatih mengendalikan kecepatan mobil sewaktu dikendarai. Pada mobil bertransmisi manual, Anda harus menggunakan kopling untuk memindahkan gigi serta menurunkan ataupun menaikkan kecepatan mobil.

  • Berlatih mengemudi di tanjakan

Dan cara terakhir yang harus Anda perhatikan untuk bisa mengemudi mobil manual dengan aman adalah melatih kemampuan menyetir di jalan tanjakan. Anda harus memperhatikan berbagai aspek, mulai dari penggunaan gigi, penggunaan rem tangan, rem kaki, pedal rem dan kopling hingga tingkat kemiringan mobil pada tanjakan.

Jika Anda sudah melatih 5 hal di atas, maka kemampuan mengemudikan mobil manual Anda akan meningkat dan tentunya bisa mempraktikkannya dengan aman di jalanan. Itulah tadi beberapa cara mengendarai mobil bekas manual, semoga bisa membantu Anda yang baru mulai belajar mengendarainya.

Baca juga: Pakai Oli Sesuai Umur Mobil Kamu

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi