Cara Menservis Rem Mobil

Share This Post

engine brake

Cara Menservis Rem Mobil, HaloBengkel.com – Untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada bagian rem mobil, maka Anda harus memahami cara menservis rem mobil. Servis rem sebenarnya tidak hanya dilakukan saat rem rusak, karena rem juga memerlukan perawatan secara rutin. 

Dengan melakukan servis atau perawatan rem secara rutin, mobil Anda akan lebih aman digunakan. Karena rem menjadi komponen pada mobil yang sangat krusial fungsinya untuk menjamin keamanan berkendara. Jika rem tidak dalam kondisi baik, maka sangat berbahaya.

Begini Cara Servis Rem Mobil Sendiri Agar Cakram!

Untuk memastikan rem mobil Anda cakram dan terjamin keamanannya saat dikendarai, maka tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara servis atau memperbaiki rem mobil yang rusak atau tidak cakram, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Kuras Minyak Rem, Ganti Baru

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menguras minyak pada rem mobil. Idealnya, rem mobil ini diganti setiap 1 tahun atau setelah 20.000 km digunakan. Namun pada kondisi rem pada umumnya, biasanya memang harus diservis 1 tahun sekali.

Langkah pertama, Anda harus membuang minyak rem yang ada di tangki cadangan atau reservoir. Posisi tangki cadangan ini ada di mesin bagian depan pada mesin mobil. Untuk membuang minyak rem yang lama, Anda harus membuang udara yang ada di saluran tersebut.

Saat membuang udara, Anda harus memastikan jaraknya jauh dari posisi master silinder. Untuk memaksimalkan proses pembuangan atau pengurasan minyak rem mobil ini, Anda bisa menginjak pedal rem beberapa kali, sehingga minyak yang akan dikuras semakin maksimal.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Cek Bagian Keausan dan Kerusakan Piringan Rem

Untuk melakukan langkah ini, Anda bisa mengeceknya secara visual saja, yaitu dengan  memperhatikan apakah keausan pada piringan rem terbakar atau tidak. Biasanya, jika piringan terbakar ditandai dengan permukaan piringan rem yang menjadi lebih hitam. 

Selain terbakar, kerusakan lain yang kerap terjadi pada piringan rem antara lain plak, retak, run out, atau ketebalan yang tidak merata, pada bagian luar dengan bagian dalamnya. Hal ini juga bisa menyebabkan masalah pada rem dan harus segera diatasi.

  • Memeriksa Kaliper Rem

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian kaliper rem pada mobil Anda. Kaliper rem adalah salah satu bagian vital yang memengaruhi rem cakram, serta untuk membedakan rem tromol dan rem cakram. 

Pemeriksaan pada bagian caliper ini bertujuan untuk melihat apakah ada kebocoran minyak pada bagian piston silinder rem atau tidak. Biasanya, ditandai dengan minyak rem yang bocor, serta memastikan apakah sliding pin dan piston rem tidak macet. 

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Memeriksa Kondisi Piringan Rem

Piringan rem pada mobil juga menjadi salah satu komponen penting pada rem mobil. Untuk memeriksa piringan rem, berikut adalah langkah-langkah atau cara yang bisa Anda lakukan:

  • Pertama, sementara waktu, ikat rem terlebih dahulu menggunakan mur pada bagian baut remnya.
  • Kedua, lakukan pengecekan pada bagian freeplay bearing hub roda depan. Tujuan pengecekan ini untuk mengetahui apakah kondisinya masih masuk spesifikasi standar atau tidak.
  • Ketiga, ukur menggunakan dial gauge kemudian putar piringan rem secara perlahan.
  • Membersihkan Piringan Rem

Masalah rem cakram juga kerap disebabkan karena piringan rem yang kotor dan tidak dibersihkan. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu membersihkan piringan rem, yaitu pada bagian permukaan piringan dibersihkan perlahan menggunakan kain.

Itulah beberapa cara menservis rem mobil yang bisa Anda lakukan sendiri jika ingin mencoba memperbaiki rem mobil sendiri. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian rem mobil, Anda harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.