Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi Matic

Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi Matic, HaloBengkel.com – Anda harus mengetahui cara merawat mesin mobil transmisi matic Anda mengingat mengendarai

Cara Merawat Mesin Mobil Transmisi Matic, HaloBengkel.com – Anda harus mengetahui cara merawat mesin mobil transmisi matic Anda mengingat mengendarai kendaraan matic jauh lebih santai karena tidak perlu ada yang Anda khawatirkan saat berkonsentrasi di jalan. Sistem transmisi multi-kecepatan ini tidak memerlukan input tambahan dari pengemudi setelah Anda memasukkan transmisi ke dalam drive.

Mobil matic berbeda dengan mobil manual. Dilengkapi dengan lebih banyak fitur canggih, hal ini menjadikan mobil matic memerlukan perawatan yang berbeda agar kondisinya selalu terjaga dan aman saat digunakan.

Cara Merawat Mesin Mobil Matic

Dalam mobil matic, Anda hanya akan menemukan 2 pedal, yaitu akselerator dan rem. Pedal holing tidak akan Anda temukan karena tidak diperlukan.

 Tergantung pada kecepatan kendaraan dan posisi pedal throttle, transmisi otomatis akan secara otomatis memilih gigi yang sesuai untuk efisiensi maksimum. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat merawat mobil matic Anda untuk kinerja optimal.

  • Perawatan Rutin

Mobil matic memiliki sistem yang cukup kompleks dan perlu diservis secara teratur untuk memberikan kinerja yang bagus. Pastikan Anda mengganti oli transmisi setiap 24.000 km dan pastikan Anda menggunakan jenis oli transmisi yang tepat yang diformulasikan untuk jenis kendaraan Anda. Jangan gunakan cairan tingkat rendah atau yang tidak sesuai karena dapat menyebabkan kegagalan transmisi.

  • Panaskan Mesin Mobil Anda

Anda dapat merawat mobil matic Anda dengan cara memanaskannya, minimal selama 30 menit atau 1 jam setiap harinya. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di pagi hari sebelum Anda melakukan aktivitas yang menggunakan kendaraan Anda. Saat mesin mobil rutin Anda panaskan, maka keadaan mobil matic Anda akan lebih terjaga dan memiliki kondisi prima yang siap untuk dipakai.

  • Memelihara Sistem Pendingin

Sistem transmisi otomatis dapat dengan mudah menjadi terlalu panas saat Anda mengemudi dan tidak memiliki tingkat cairan pendingin yang memadai dapat menghambat proses ini. Sistem pendingin kendaraan dirancang untuk membantu mendinginkan cairan transmisi panas sebelum mengirimnya kembali ke transmisi. Saluran fluida ke dan dari transmisi ke radiator harus diperiksa secara berkala untuk kebocoran untuk mencegah hal ini.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Pastikan Tangki Bahan Bakar Tetap Terisi

Agar mesin mobil dapat berjalan dengan lancar, maka memerlukan volume bahan bakar yang tepat. Segera lakukan isi ulang jika Anda sudah merasa bahwa tangki bahan bakar Anda mulai kosong. Kerusakan mesin dapat terjadi karena kurangnya bahan bakar, dan hal itu dapat Anda antisipasi dengan cara tidak membiarkan tangki kosong sehingga dapat menghindari pemanasan yang terlalu cepat yang mengakibatkan rusaknya mesin.

  • Jangan Mengemudi Dengan Ban yang Tidak Serasi

Mengemudi dengan ban cadangan yang lebih kecil dapat menekan atau terlalu banyak bekerja pada transmisi otomatis dan merusak keselarasan roda kendaraan Anda. Hal ini menyebabkan mesin memasukkan energi tambahan untuk memperbaiki masalah ini dan menyebabkan kegagalan transmisi dini. 

Agar dapat menghindari situasi seperti ini, segera lakukan perbaikan terhadap ban yang bocor atau rusak. Hindari mengemudi jarak jauh dengan ban yang tidak cocok.

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil transmisi matic, sekarang Anda hanya perlu merawat dan menjaga mobil matic Anda sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan. Periksakan kendaraan Anda secara rutin ke bengkel terdekat jika Anda terlalu sibuk untuk melakukannya, hal itu tentu akan menjadi sangat praktis bagi Anda. Tapi jika ingin lebih irit biaya, Anda tentu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi