Cara Pasang Filter Oli Mobil

Share This Post

filter oli mobil

Cara Pasang Filter Oli Mobil, HaloBengkel.com – Tugas utama dari filter oli mesin ialah menyaring endapan kotoran dari oli. Filter oli pada mobil perlu diganti secara rutin untuk menjaga kondisi mesin tetap bersih. Hal ini karena pada saat terjadi proses pembakaran pada mobil, gesekan antar logam pada mesin akan menimbulkan partikel dan menjadi endapan pada oli. Jika filter oli tidak rutin diganti, maka endapan ini akan menumpuk dan tidak baik untuk kondisi mesin.

Beberapa hal buruk yang bisa terjadi pada mobil anda jika filter oli tidak rutin diganti di antaranya adalah: mesin terlalu panas, tekanan oli menurun, terdengar bunyi gesekan logam, performa mesin mobil menurun, dan juga knalpot mengeluarkan asap.

Perlu diingat bahwa filter oli tidak untuk dibersihkan, tapi harus diganti. Jadi membersihkan filter oli mesin sangat sia-sia. Waktu terbaik untuk mengganti filter oli mobil adalah setiap 10.000 kilometer.  Pada kondisi tertentu, filter oli perlu diganti sebelum 10.000 kilometer. Kondisi tersebut misalnya adalah mobil sering terjebak dalam kemacetan, mobil terendam banjir dan air masuk ke dalam mesin, serta beberapa kondisi lainnya.

Penggantian filter oli bisa dilakukan sendiri dan bisa juga dilakukan di bengkel oleh teknisi yang berpengalaman. Jika ingin praktis dan tak repot maka sebaiknya penggantian filter oli dilakukan di bengkel. Dengan begini anda tak perlu khawatir akan resiko kerusakan. Namun jika dirasa anda bisa mengganti sendiri filter oli, maka tips berikut ini bisa anda jadikan sebagai panduan singkat.

  • Siapkan semua perlengkapan

Agar proses penggantian filter oli berjalan dengan lancar, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu semua perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Filter oli yang baru
  • Kain perca
  • Dongkrak mobil
  • Kunci khusus filter oli
  • Wadah untuk menampung oli bekas

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Dongkrak bagian depan mobil

Jika seluruh peralatan di atas sudah dipersiapkan, maka hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mendongkrak bagian depan mobil. Tujuan mendongkrak bagian depan mobil adalah untuk memudahkan proses penggantian filter oli karena nantinya anda perlu menjangkau bagian kolong mobil. Jangan lupa gunakan alas agar badan anda tidak sakit.

  • Perhatikan seal O ring saat pemasangan filter baru

Sebelum mengganti filter oli lama dengan yang baru, anda perlu memperhatikan seal O ring yang terdapat pada filter oli baru. Seal O ring yang ada di filter oli harus pas dengan got dudukannya. Berikan sedikit oli pada seal O ring agar tidak keluar dari dudukannya. Tahap ini sangat penting karena jika ring O tidak pas, nantinya sat mesin mobil dinyalakan maka oli mobil akan bocor.

Untuk memasang filter oli, anda hanya perlu memutar ke arah jarum jam menggunakan kunci khusus. Pastikan filter sudah kencang sebelum anda menyalakan mobil.

  • Hidupkan mesin mobil

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah menyalakan mesin mobil. Biarkan mesin mobil tetap menyala selama 3 hingga 5 menit agar terjadi sirkulasi oli pada filter. Pada tahap ini anda perlu memperhatikan apakah ada kebocoran pada filter oli yang baru saja dipasang. Jika tidak ada kebocoran, maka anda bisa melepas dongkrak dan mobil sudah siap untuk digunakan.

Itulah tips pasang filter oli mobil yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Karena melakukan sendiri di rumah, tentu saja tidak ada jaminan apapun jika terjadi kerusakan. Jika anda merasa ragu untuk mengganti filter oli mobil sendiri, maka tak ada salahnya untuk membawa mobil anda ke bengkel. Dengan sedikit biaya yang lebih tinggi, proses pergantian filter oli akan lebih terjamin.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

 

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.