Cari Tahu Yuk Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil

Cari Tahu Yuk Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil, HaloBengkel.com – Shockbreaker, atau disebut juga sebagai peredam kejut, merupakan salah satu komponen

Cari Tahu Yuk Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil, HaloBengkel.com – Shockbreaker, atau disebut juga sebagai peredam kejut, merupakan salah satu komponen vital dalam sistem suspensi mobil yang berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran dari jalan, sehingga memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. 

Namun, seperti halnya komponen mobil lainnya, shockbreaker juga dapat mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. 

Sekarang kita bahas berbagai penyebab kerusakan shockbreaker mobil, bagaimana kerusakan tersebut terjadi, serta tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk memperpanjang umur pakai shockbreaker.

Penyebab Kerusakan Shockbreaker Mobil:

shock mobil

  1. Pemakaian yang Berlebihan:

Pemakaian yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama kerusakan shockbreaker mobil. Mengemudi di jalan yang kasar, bergelombang, atau berlubang secara terus-menerus dapat menyebabkan stres yang berlebihan pada shockbreaker, sehingga mengakibatkan aus atau kegagalan pada komponen internalnya.

  1. Umur Pakai yang Lama:

Seperti halnya komponen mobil lainnya, shockbreaker juga mengalami penurunan kinerja seiring berjalannya waktu. Pada umumnya, shockbreaker memiliki umur pakai yang terbatas dan akan mengalami penurunan kinerja setelah beberapa tahun penggunaan.

  1. Kondisi Jalan yang Buruk:

Berkendara di jalan yang buruk, seperti jalan berlubang, berbatu, atau berpasir, dapat menyebabkan shockbreaker bekerja lebih keras dari biasanya. Guncangan yang terjadi akibat kondisi jalan yang buruk dapat mempercepat keausan pada shockbreaker dan komponen suspensi lainnya.

  1. Kualitas Shockbreaker yang Buruk:

Kualitas shockbreaker yang buruk atau komponen yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat. Shockbreaker yang tidak terbuat dari bahan berkualitas atau tidak dirancang untuk menangani beban dan tekanan yang diberikan oleh mobil dapat mengalami kegagalan lebih awal.

  1. Kebocoran pada Seal atau O-ring:

Kebocoran pada seal atau O-ring shockbreaker dapat mengakibatkan kebocoran minyak hidrolik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan kinerja shockbreaker. Kebocoran ini dapat disebabkan oleh aus atau kerusakan pada komponen internal shockbreaker, atau akibat keausan yang normal seiring waktu.

  1. Overloading:

Memuat mobil dengan beban yang melebihi kapasitas maksimumnya dapat memberikan tekanan tambahan pada shockbreaker dan komponen suspensi lainnya. Overloading dapat menyebabkan shockbreaker bekerja di luar batas kemampuannya, yang dapat menyebabkan kegagalan atau kerusakan.

  1. Tidak Perawatan yang Tepat:

Kurangnya perawatan atau pemeliharaan yang tepat juga dapat menyebabkan kerusakan pada shockbreaker. Periksa secara rutin kondisi shockbreaker dan suspensi mobil, serta lakukan pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan seperti mengganti minyak shockbreaker secara teratur.

Tindakan Pencegahan:

Untuk mencegah kerusakan shockbreaker mobil, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil:

  • Pemeliharaan Rutin: Lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada sistem suspensi dan shockbreaker, termasuk penggantian minyak secara berkala dan pengecekan kondisi fisiknya.
  • Hindari Overloading: Hindari memuat mobil dengan beban yang melebihi kapasitas maksimumnya.
  • Hindari Berkendara yang Berlebihan: Hindari berkendara di jalan yang kasar atau bergelombang secara berlebihan, jika memungkinkan.
  • Gunakan Kualitas Minyak yang Baik: Gunakan minyak shockbreaker yang berkualitas baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan: Perhatikan tanda-tanda kerusakan pada shockbreaker, seperti suara berisik atau perubahan dalam kinerja suspensi, dan segera lakukan perbaikan jika diperlukan.

Dengan memahami penyebab kerusakan shockbreaker mobil dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur pakai shockbreaker dan menjaga kinerja dan keamanan mobil Anda. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat pada sistem suspensi mobil Anda agar tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Jangan Bingung Mau Ganti Oli Sebelum Atau Sesudah Mudik

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi