Cek Komponen Ini Jika Sering Lewat Jalanan Rusak

Cek Komponen Ini Jika Sering Lewat Jalanan Rusak, HaloBengkel.com – Kalau di Indonesia masih sering kita temui ya sobat otomotif

Cek Komponen Ini Jika Sering Lewat Jalanan Rusak, HaloBengkel.com – Kalau di Indonesia masih sering kita temui ya sobat otomotif jalanan rusak. Memang itu bukan kendali kita kalau tiba-tiba harus melewati jalanan agak kurang bagus. Tetapi yang akan jadi bikin pusing adalah kalau kita sering melewati jalanan rusak itu hampir tiap hari dan menjadi rutinitas untuk pergi kerja, kuliah atau dan sebagainya. 

Ruas jalan yang rusak ini sering menyebabkan kecelakaan, selain itu juga kondisi jalan rusak ini bisa mengakibatkan komponen-komponen dari mobil menjadi rusak. 

Karena seringnya melintasi jalanan yang rusak, komponen dari mobil bisa mencapai batas toleransinya sehingga lebih cepat berkurang performanya. Hal ini malah berdampak buruk seperti usia pakai lebih singkat dari jadwal penggantian di bengkel. Maka dari itu nih sobat oto, kita bakalan kasih tahu komponen-komponen apa saja yang perlu diperhatikan kalau melewati jalanan yang rusak.

Cek rutin komponen mobil ini:

  • Sektor ban.

Ban mobil merupakan elemen terluar dari mobil kita yang secara langsung bersentuhan dengan aspal. Komponen ini juga merupakan komponen yang sering mengalami perubahan struktur serta kerusakan karena kondisi jalanan atau medan yang dilalui ya sobat. 

Seperti yang kita ketahui ya sobat kalau bagian alur dari ban mobil ini bisa habis tidak akan rata lagi karena penggunaan. Buat sobat nih yang setiap hari pakai mobil, perlu juga melakukan pengecekan ban, apalagi penggunaannya jarak jauh, mengingat karna ban ini penting di mobil, cek berkala yuk ban mobilnya.

  • Sektor Kaki-kaki.

Bagian ini juga yang secara langsung bekerjasama dengan ban. Kaki-kaki ini terdiri dari suspense, dan juga steering yang bekerjasama mengatur gerakan kemudi dan membeikan efek bantingan demi kenyamanan penumpang dan pengendaranya. Nah yang jadi masalah kalau pada jalan rusak, kedua komponen suspense dan steering ini menjadi tumpuan. 

Ini yang menjadi jawaban kenapa sih kalau settingan spooring dan balancing dari roda sering berubah. Bengkel menyarankan melakukan perawatan kaki-kaki dan juga roda mobil saat 10.000 sampai 20.000 kilometer.

Baca juga: Ini Fungsi Dari Bumper Mobil

  • Pengereman.

Selain dua komponen di atas, sistem pengereman mobil juga patut dilaukan pengecekan. Pada dasarnya nih pengereman mobil wajib dicek selalu, tujuannya menjaga deselerasi kecepatan dari kendaraan. Bagian-bagian dari rem mobil diantaranya, kampas, disc brake, sampai selang yang kedap udara. 

Kerusakan yang sering timbul memang beragam, namun secara umum yang perlu dicek secara mudah adalah disc brake ada karat atau tidak. Karena sering nih mobil-mobil operasional kantor misalnya yang sering melewati jalanan dengan genangan dan berbahaya timbul karat.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi