Efek Dari Mobil Sering Overheat

Share This Post

mobil sering overheat

Efek Dari Mobil Sering Overheat, HaloBengkel.com – Sebagai pengendara mobil, harusnya anda mengetahui beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada mobil. 

Dengan begitu anda akan tau apa penyebab dari masalah mobil anda dan bagaimana cara mengatasinya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah over heating. Masalah ini muncul karena banyak hal, tapi tentunya masalah ini jika dibiarkan bisa sangat merugikan anda. 

Biaya perbaikan yang harus dikeluarkan jika kerusakan yang dihasilkan sudah parah akan sangat tinggi.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui apa sebenarnya over heating, bagaimana cara mengatasinya, serta apa saja kemungkinan masalah yang akan ditimbulkan jika over heating dibiarkan dalam jangka panjang. 

Setidaknya terdapat 4 penyebab dari over heating pada mobil, yaitu:

  • Kebocoran dan penyumbatan radiator 

cek radiator mobil

Radiator bocor disebabkan oleh beberapa hal seperti usia radiator yang sudah tua, penyumbatan pada radiator, terkena benda asing, dan juga karet radiator yang getas. Namun seringnya, masalah utama kebocoran radiator terjadi karena penyumbatan. 

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tak mampu disalurkan ke elemen pelepas panas radiator dan nantinya dapat memicu ledakan pada radiator.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Untuk Wanita

  • Permasalahan pada selang radiator

selang radiator rusak

Selang radiator yang kondisinya sudah jelek biasanya akan mengalami getas atau pecah. Jika ini terjadi, maka tentu saja akan timbul kebocoran dari selang radiator. Maka anda perlu rutin memeriksa kondisi selang radiator mobil anda.

  • Air radiator kering atau bermasalah

ganti air radiator

Sama seperti oli mesin, air radiator atau coolant juga memiliki masa pakai. Anda perlu memeriksa kondisi air radiator secara berkala. Jika diperlukan penggantian karena air radiator kurang, pastikan anda mengganti air radiator dengan kualitas terbaik karena kualitas air radiator juga akan mempengaruhi kinerja mobil anda. Jangan pernah mengisi ulang air radiator dengan air biasa. Air biasa memiliki titik didih yang lebih rendah dan juga sangat mudah menguap. Mobil akan cepat panas jika diberi air biasa.

  •  Masalah pada catalytic converter

Mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan catalytic converter. Fungsi dari catalytic converter adalah sebagai penyaring emisi gas buang agar racun yang keluar tidak langsung terlepas ke udara bebas. Saat catalytic converter mampet, panas dari emisi gas buang tidak bisa dikeluarkan sehingga berbalik dan bisa menyebabkan temperatur mesin naik.

Jika 4 hal di atas terjadi pada mobil anda, maka over heating sudah pasti tidak dapat dihindari. Nantinya apabila mobil dibiarkan terus menerus dalam kondisi seperti ini akibatnya bisa fatal. Saat terjadi over heating terus menerus, cylinder head akan memuai dan berubah bentuk sehingga posisi cylinder head tidak lurus lagi dan tidak bisa mengompresi dengan benar. 

Anda harus melakukan turun mesin untuk mengatasi masalah ini. Cylinder head harus dikikis untuk diluruskan lagi, namun jika kerusakan sudah sangat parah maka pengikisan pun tidak bisa dilakukan.

Maka dari itu, sistem pendinginan mobil harus selalu diperiksa sehingga saat terjadi kendala bisa langsung diatasi dengan cepat.

Segera bawa mobil kamu ke HaloBengkel terdekat untuk dilakukan service, biar tim mekanik berpengalaman akan mengatasi masalah mobil Anda.

Khusus warga Balikpapan, manfaatkan service terbaik dari bengkel mobil Balikpapan HaloBengkel..

 

This Post Has 4 Comments

Leave a Reply