Fakta Tune Up Bisa Menjaga Performa dan Kesehatan Mesin

Share This Post

tune up

Fakta Tune Up Bisa Menjaga Performa dan Kesehatan Mesin, HaloBengkel.com – Tune-up mobil merupakan prosedur perawatan berkala yang bertujuan untuk mengembalikan kinerja mesin seperti baru.

Meskipun mobil tampak berfungsi dengan baik dari luar, tapi tune-up tetap diperlukan untuk memastikan komponen-komponen utama bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan pada tune-up mobil:

  • Penyetingan Filter Udara

Filter udara itu rentan kotor sobat akibat pemakaian sehari-hari. Jika kondisinya masih bagus, bisa hanya dibersihkan. Tapi, jika sudah aus, penggantian filter harus dilakukan. Filter udara yang bersih bisa memastikan aliran udara optimal ke mesin, sampai meningkatkan efisiensi mesin.

  • Pembersihan Karburator / Throttle Body

Karburator atau throttle body (untuk mobil bermesin injeksi) juga perlu dibersihkan. Ini akan memastikan bahan bakar tercampur dengan baik sebelum ia masuk ke ruang pembakaran. 

  • Pengecekan Tegangan Aki 

Tegangan aki itu harus mencapai 12 volt ketika mesin mati, 14 volt ketika mesin hidup. Jika tegangan di bawah dari batas tersebut, aki perlu diganti sobat, untuk menjaga performa sistem listrik mobil.

promo servis mobil
Promo Servis Mobil
  • Penyesuaian Katup Mesin

Celah katup juga akan berubah seiring dari pemakaian mobil. Penyetelan katup pada kerapatan yang pas, bisa memastikan performa mesin tetap optimal. Terlalu rapat atau renggang celah katup bisa memengaruhi efisiensi dan tenaga dari mesin.

  • Pengecekan Fluida 

Perhatikan dan cek semua fluida yang ada di dalam mobil, termasuk oli, minyak rem, oli transmisi, dan juga oli power steering. Fluida yang cukup dan juga berkualitas tentu akan memastikan komponen beroperasi dengan baik.

  • Pengecekan Tegangan Dari V Belt

V belt harus selalu dicek kondisinya ya sobat serta tingkat ketegangannya. Setelan ulang ini hanya berlaku pada mesin dengan tensioner manual aja. V belt yang terlalu kendor bisa mengganggu dari kinerja komponen seperti alternator dan juga AC.

  • Pengecekan dan Pembersihan Busi

Meskipun celah busi ini sudah diatur dari pabrikan, interaksi dengan tekanan kompresi bisa mengubahnya. Pastikan celah busi juga sesuai dengan spesifikasi agar pembakaran optimal.

Tune-up mobil rutin akan membantu menjaga performa, efisiensi, dan juga umur mesin. Dengan melakukan langkah-langkah tadi, kamu memastikan mobil tetap prima dan siap menghadapi medan yang ada di depan.

Yuk servis mobil kamu di bengkel mobil Balikpapan no 1, HaloBengkel

inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.