Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil

Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil, HaloBengkel.com – Bukan hanya bensin atau solar saja yang memicu pembakaran dalam mesin mobil, ada

Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil, HaloBengkel.com – Bukan hanya bensin atau solar saja yang memicu pembakaran dalam mesin mobil, ada juga komponen lain seperti filter bahan bakar atau filter bbm yang digunakan. 

Kita perlu memahami dulu kalau yang namanya proses pembakaran bahan bakar baik bensin maupun diesel itu tidak terjadi secara mudah, melainkan perlu ada Kerjasama antara beberapa komponen untuk menghasilkan pembakaran sempurnya. 

Filter bahan bakar mobil itu ada dibagian tangka bensin mobil dan agak tersembunyi posisinya. Jadi wajar sih kalau belum banyak orang yang tahu kalau ada filter bbm itu atau filter bahan bakar mobil.

Apa Itu Filter Bahan Bakar Mobil:

Ada yang namanya saluran bahan bakar pada mobil yang memiliki fungsi penghubung antara tangka bensin dengan sistem dari ijection, dan injeksi ini disarankan harus dalam keadaan bersih agar dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, adanya filter dari bahan bakar itu sangatlah penting untuk membuat aliran bahan bakar yang bersin tanpa adanya kotoran yang menempel. 

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil:

Apa saja sih fungsi dari filter bahan bakar mobil itu, dan berapa estimasi untuk harga dari filter bahan bakar itu, mari simak disini:

  • Sebagai Penyarin Kotoran BBM.

Pada umumnya, filter bahan bakar ini adalah suatu alat penyaring, filter bahan bakar mobil ini bekerja untuk menyaring kotoran yang ada pada bahan bakar baik bensin atau solar. Karena dasar prosesnya seluruh bahan bakar itu bisa saja memiliki kandungan kotoran, maka adanya filter ini bisa menjadi penyaring sebelum bahan bakar itu terproses ke ruang pembakaran mesin. Alhasil bensin atau solar yang sudah melewati filter itu sudah bersin dan tidak memberatkan kinerja mesin.

  • Penstabil Aliran Bahan Bakar.

Selain menjadi penyarin kotoran secara umum, filter bahan bakar ini juga bisa sebagai penstabil aliran bahan bakar. Agar aliran bahan bakar tetap stabil ke ruang pembakaran, dan meminimalisir pembawaan adanya komponen yang membahayakan dalam bensin yang bisa saja masuk ke dalam ruang pembakaran mesin mobil kita.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Menyaring Masuknya Air.

Nah, bukannya hanya kotoran yang kita harapkan bisa dicegah masuk oleh filter bahan bakar, namun juga air. Pasalnya air itu benda cair yang bisa tercampur dengan bensin loh sobat, nah kalau masuk ke ruang pembakaran, besin tidak akan terproses dengan baik dan membuat mesin tidak menghasilkan performa yang bagus. Jadi diharapkan dengan adanya filter bahan bakar, air yang masuk bisa tersaring dan tidak masuk ke dalam ruang pembakaran dari mesin mobil.

Cara Merawat Filter BBM:

  • Pakai BBM Yang Baik.

Paling mudah adalah membeli bahan bakar yang sudah teruji kualitasnya, agar tidak memberatkan kinerja filter bbm dan juga mesin itu sendiri. Pasalnya jika RON yang kurang baik malah membuat kesehatan mesin juga terganggu. Ditambah lagi penggunaan filter bbm jadi lebih panjang kalau menggunakan BBM yang baik dan juga berkualitas.

  • Rutin Ganti Filter.

Selain menggunakan bahan bakar yang baik, kita juga disarankan mengganti filter bahan bakar itu secara rutin ya sobat. Ingat tidak boleh lalai, agar tidak ada risiko kerusakan, atau mobil sulit nyala atau yang membahayakan mesin mobil mati mendadak ditengah jalah, tentu akan sangat merugikan bukan? 

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi