Fungsi Fitur Hill Start Assist

Share This Post

Fungsi Fitur Hill Start Assist

Fungsi Fitur Hill Start Assist, HaloBengkel.com – Hill Start Assist (HSA) adalah fitur yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara di tanjakan. Meskipun jarang dikenal oleh banyak orang, fitur ini hadir pada mobil-mobil terkini dan modern. Mari kita bahas lebih lanjut tentang Hill Start Assist.

Pengertian Hill Start Assist

Hill Start Assist adalah fitur penahan mobil di tanjakan atau fitur anti mundur pada jalan menanjak. Mobil yang dilengkapi dengan HSA akan mendeteksi saat melewati jalan tanjakan dan sensornya akan memantau arah putaran roda, meskipun sangat pelan hingga hampir diam. Ketika mobil berhenti di tanjakan dan pengemudi melepaskan injakan rem, HSA akan otomatis mengerem agar mobil tidak mundur. Saat pengemudi menginjak gas lagi, rem akan dilepaskan secara otomatis. Fitur ini membantu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Cara Kerja Hill Start Assist

Bagi pengemudi yang sering bingung mengatur rem dan gas di tanjakan, Hill Start Assist sangat membantu. Sayangnya, fitur ini hanya ada pada mobil bertransmisi otomatis. HSA menggunakan sensor untuk mendeteksi lingkungan saat kendaraan berada di tanjakan atau turunan. Sistem akan mempertahankan tekanan rem selama beberapa waktu ketika pengemudi beralih dari rem ke pedal gas.

Manfaat Hill Start Assist

  1. Kenyamanan: Terutama bagi pengemudi pemula, HSA memudahkan melewati tanjakan yang macet. Fitur ini juga membantu pengemudi wanita yang mungkin kurang responsif terhadap arah navigasi.
  2. Keamanan: HSA mengurangi risiko mundur saat berhenti di tanjakan. Pengemudi tidak perlu khawatir tentang mengatur rem dan gas secara bersamaan.

Hill Start Assist adalah fitur yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara di tanjakan. Meskipun hanya ada pada mobil bertransmisi otomatis, fitur ini sangat membantu dalam menghadapi tanjakan yang curam. Jadi, jika Anda memiliki mobil dengan HSA, manfaatkan fitur ini untuk pengalaman berkendara yang lebih baik dan aman.

Leave a Reply