Fungsi Throttle Body

Share This Post

Throttle Body

Fungsi Throttle Body, HaloBengkel.com – Throttle body adalah salah satu komponen penting pada mobil yang memiliki peran vital dalam mengatur aliran udara ke dalam mesin. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai fungsi dan peran throttle body pada kendaraan.

  • Fungsi Throttle Body:
    • Mengontrol Aliran Udara: Throttle body mengontrol jumlah udara yang masuk ke ruang bakar mesin. Ini penting karena udara merupakan salah satu elemen utama dalam proses pembakaran bahan bakar.
    • Bagian dari Sistem Air Intake: Pada mesin dengan karburator, throttle body adalah bagian dari sistem air intake. Throttle body terdiri dari unit housing yang berisi pelat throttle (katup kupu-kupu) yang berputar pada poros. Katup ini dibuka dan ditutup melalui kabel yang terhubung dengan pedal gas dan vakum mesin.
    • Pengaruh Terhadap Kecepatan Mobil: Seberapa kuat pengemudi menekan pedal gas, semakin banyak udara yang dibiarkan masuk oleh katup throttle. Ini mempengaruhi aliran bahan bakar dan akhirnya kecepatan kendaraan. Pada mesin dengan sistem injeksi, throttle body dilengkapi dengan sensor posisi throttle dan sensor aliran udara yang berkomunikasi dengan ECU (Electronic Control Unit) untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disuplai oleh injektor.
promo servis mobil
Bengkel Mobil Balikpapan no 1

 

  • Posisi Throttle Body:
    • Karburator: Pada mesin dengan karburator, throttle body terintegrasi ke dalam karburator. Kabel yang terhubung dengan pedal gas dan vakum mesin mengendalikan pembukaan dan penutupan throttle body.
    • Injeksi: Pada mesin dengan sistem injeksi, throttle body biasanya terletak di antara filter udara dan intake manifold. Filter udara yang bersih sangat penting untuk operasi throttle body, karena kotoran dapat menyebabkan katup menjadi lengket dan mengganggu kinerjanya.
  • Jumlah Throttle Body:
    • Satu Throttle Body: Kebanyakan mobil hanya memiliki satu throttle body dengan ukuran yang cukup besar. Namun, mobil dengan mesin yang lebih besar dan memiliki banyak silinder mungkin menggunakan satu throttle body di setiap bank silindernya.
inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan no 1

 

Baca juga: Tips Poles Mobil Dengan Tepat

Leave a Reply