Ganti Ban Mobil Jika Sudah Ada Tanda Ini

Share This Post

ganti ban mobil

Ganti Ban Mobil Jika Sudah Ada Tanda Ini, HaloBengkel.comBan mobil merupakan salah satu komponen dalam mobil yang sering luput untuk diperhatikan oleh para pemilik mobil. Selama ban tidak bocor atau kurang angin, biasanya pemilik mobil akan abai dan lupa memperhatikan kondisi ban tersebut. 

Memaksakan mobil untuk terus berjalan dengan kondisi ban mobil yang sudah tidak layak, sangat berbahaya. Salah satu hal yang bisa terjadi yaitu mobil akan tergelincir saat di jalanan. Untuk itu anda disarankan segera mengganti ban mobil yang baru. Berikut ini adalah beberapa tanda ban mobil harus segera diganti.

  • Usia ban terlalu tua

Tahukah anda bahwa ban juga memiliki tanggal kadaluwarsa? Jika anda perhatikan pada ban mobil anda, di bagian samping terdapat berbagai macam kode angka. Salah satu kode angka yang tertulis di bagian samping ban adalah tanggal produksi ban tersebut. 

Biasanya tanggal produksi tersebut tertulis dalam 4 kode angka, 2 kode angka di awal merupakan penanda minggu keberapa ban tersebut diproduksi, lalu 2 kode terakhir adalah tahun produksi ban tersebut. Contoh jika pada ban tersebut ada angka 1120, itu artinya ban diproduksi pada minggu ke-11 di tahun 2020.

Jika usia ban sudah lebih dari 5 tahun, itu tandanya anda harus segera mengganti ban tersebut dengan yang baru. Semakin tua usia ban mobil, maka karet ban akan semakin keras. Usia ban yang sudah terlalu lama jaraknya dari waktu produksi termasuk rawan membuat ban jadi mudah retak.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Thread Wire Indicator (TWI) sudah terkikis

TWI merupakan indikator berupa tonjolan yang ada di antara blok telapak ban dengan tinggi 1,6 mm yang bisa jadi tanda waktunya ban diganti dengan unit baru. 

Tonjolan tersebut biasanya berada di sela-sela ukiran ban yang lebih dalam. Jika bagian ukiran dari ban sudah setara dengan tonjolan tadi, ini artinya ban sudah terlalu tipis untuk dipakai dan harus segera diganti.

  • Muncul retakan pada ban

Jika muncul retakan pada ban, merupakan tanda anda harus segera mengganti ban mobil dengan yang baru. Munculnya retakan pada ban mobil bisa diakibatkan oleh banyak hal, namun umumnya retakan ban muncul karena karet ban sudah terlalu keras dan tidak lentur lagi seperti saat ban masih baru. Jika ban mobil seperti ini masih digunakan untuk berkendara, dikhawatirkan ban tidak akan kuat lagi saat terkena panas gesekan aspal.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Ban mobil bopeng

Tanda ban mobil harus segera diganti selanjutnya adalah adanya bopeng pada ban mobil. Bopeng atau lecet pada ban ini biasanya terjadi karena ban mengalami benturan keras dengan batu atau jalanan yang berlubang. Kondisi ban seperti ini sebenarnya masih bisa digunakan, akan tetapi kondisi ban yang sudah tidak sempurna tersebut berpotensi menjadi masalah karena ketahanan setiap sisi ban tidak lagi seragam. 

  • Muncul benjolan pada ban

Benjolan pada ban biasanya terjadi lantaran serat nilon atau kawat pada sabuk ban yang putus. Selain sudah tak kuat lagi untuk menahan beban berat, benjolan tadi juga bisa meletus jika mobil tetap dipaksakan. Jika ini terjadi, dikhawatirkan mobil akan tergelincir dan membuat kerusakan yang lebih parah lagi.

Itu dia beberapa tanda ban mobil harus segera diganti. Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi ban mobil sangat penting bagi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Jika ban sudah tidak layak digunakan namun tidak segera diganti, resiko yang lebih buruk dikhawatirkan bisa terjadi kapan saja. 

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.