Gimana Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat

Gimana Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat, HaloBengkel.com – Oli mesin menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk kendaraan. Anda perlu

Gimana Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat, HaloBengkel.com – Oli mesin menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk kendaraan. Anda perlu menggantinya secara rutin agar mesin kendaraan anda tetap bisa bekerja dengan prima. Ada banyak sekali merek oli mesin yang bisa anda pilih.

Selain banyaknya kemasan, setiap oli mesin juga dilengkapi kode tertentu. Di mana pada botol oli tersebut memiliki pengertian berbeda. Pertanyaannya, gimana caranya mengetahui oli mesin yang bagus serta tepat untuk mobil?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan oli yang tepat untuk kendaraan anda. 

  • Menentukan tingkat kekentalan oli

Untuk menentukan tingkat kekentalan oli, hal pertama yang anda lakukan adalah mencari tau spesifikasi yang tepat untuk mesin kendaraan anda. Paling gampang biasanya dapat diketahui dengan melihat bagian tutup pengisian oli. Beberapa pabrikan kendaraan biasanya menuliskan spesifikasi oli yang dibutuhkan dengan jelas seperti 5W-30, 10W-40, 15W-30, dan sebagainya.

Banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui arti kode tersebut. Padahal, pengetahuan mengenai hal ini penting supaya pengendara tidak salah dalam memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan. W pada spesifikasi tersebut berarti winter dan angka di depannya adalah titik beku dari oli. Jadi semakin tinggi angka yang di depan maka oli akan semakin kenta. 

Untuk angka di belakang menandakan titik uap sebuah oli. Untuk suhu indonesia sebenarnya kendaraan cukup dengan menggunakan oli dengan spesifikasi 10W-40. Namun tidak masalah jika anda ingin menggunakan oli dengan spesifikasi lain selama sesuai dengan kebutuhan mesin.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Pilih bahan dasar oli

Di Indonesia umumnya oli menggunakan 3 bahan dasar yaitu mineral, semi sintetik, dan full sintetik. Oli dengan bahan full sintetik memiliki kualitas paling bagus jika dibandingkan dengan dua bahan lainnya. Namun oli dengan bahan dasar full sintetik juga biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Oli jenis semi sintetik merupakan paduan antara oli mineral dengan sintetik, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah dari full sintetik. Bicara dari kualitas oli berbahan dasar semi sintetik ini, posisinya ada di tengah antara mineral dan sintetik.

Terakhir yaitu oli mineral. Meski kualitasnya tidak sebagus oli sintetik dan semi sintetik, bukan berarti oli jenis ini memiliki kualitas jelek. Beberapa mobil lama masih harus menggunakan oli jenis ini karena mesin mobil lama tidak cocok dengan oli jenis sintetik maupun semi sintetik.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Pilih keunggulan oli

Setelah anda menentukan dua hal di atas, sekarang saatnya anda menentukan pilihan merek sesuai dengan keunggulan masing-masing oli. Setiap merek oli tentunya menawarkan teknologi yang berbeda. Anda tidak mungkin mendapatkan semua keunggulan oli dalam satu merek.

Jika anda sering berkendara di tengah kemacetan, maka anda membutuhkan oli dengan teknologi yang membuat mesin tidak cepat panas. Oli dengan teknologi tersebut di antaranya adalah Shell Helix Ultra, namun selain merek tersebut anda juga bisa mencari merek lain. 

Jika anda ingin perlindungan mesin yang menyeluruh sehingga mesin tidak cepat aus maka anda bisa memilih beberapa merek oli yang memberikan perlindungan khusus. Castrol Magnetec merupakan salah satu merek yang menawarkan perlindungan mesin dan juga mengurangi endapan kotoran pada mesin. 

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan oli terbaik untuk mobil anda. Tentu saja anda bisa memilih merek lain selain yang sudah disebutkan di atas. Pastikan anda membeli oli asli karena jika anda menggunakan oli palsu maka mesin mobil anda akan cepat rusak.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi