Gimana Fakta Memanaskan Mobil Yang Benar

Gimana Fakta Memanaskan Mobil Yang Benar, HaloBengkel.com -Beberapa informasi yang tersebar itu cukup masuk akal untuk dipercayai, namun tidak sedikit

Gimana Fakta Memanaskan Mobil Yang Benar, HaloBengkel.com -Beberapa informasi yang tersebar itu cukup masuk akal untuk dipercayai, namun tidak sedikit pula informasi yang tidak benar.

Anda pun pasti tidak hanya sekali menemukan mitos-mitos yang tersebar itu, baik melalui internet maupun lewat obrolan langsung dengan sesama pengguna mobil. 

Jika anda mengerti tentang cara kerja mesin mobil dan dunia otomotif secara umum, pasti anda tidak akan bingung menanggapi banyaknya informasi yang beredar tersebut. 

Tidak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan kepada anda prinsip kerja mobil dan juga memberikan pemahaman tentang apa sebenarnya fungsi memanaskan mobil di pagi hari.

memanaskan mesin mobil

Istilah memanaskan mobil sebenarnya hanya ada di Indonesia. Kebanyakan orang beranggapan bahwa mesin mobil harus dipanaskan agar nantinya siap untuk digunakan berkendara. Pemahaman tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya salah, hanya saja sedikit kurang tepat.

Baca juga: Efek Dari Mobil Sering Overheat

Tujuan utama dari menyalakan mobil di pagi hari sebelum mobil digunakan berkendara bukan untuk memanaskan mesin, melainkan untuk melumasi mesin mobil dengan oli. Anda perlu mengganti oli secara berkala sesuai waktu yang sudah ditentukan. 

Oli memiliki peran sangat penting bagi kinerja mobil anda dari mulai meminimalisir gesekan mesin, mendinginkan mesin, menjaga mesin dari karat dan aus, hingga membuat konsumsi bahan bakar mobil anda lebih efisien.

Saat mobil dalam kondisi mati, tentunya mesin tidak terlumasi oli secara menyeluruh. Memang ada beberapa merek oli yang mengklaim bahwa mereka menggunakan teknologi tertentu yang memungkinkan oli tetap menempel pada mesin mobil meski mesin dalam kondisi mati. 

Jika mesin mobil langsung digunakan berkendara tanpa sebelumnya dipanasi, dikhawatirkan kondisi ini bisa membuat mesin mobil mengalami gesekan yang keras. Nantinya mesin anda akan cepat aus dan rusak.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Untuk Wanita

Mobil yang jarang digunakan untuk berkendara pun perlu dipanasi dengan rutin setiap hari. Hanya karena anda tidak menggunakannya setiap hari lalu anda merasa tidak perlu memanaskan mobil tersebut. Hal itu tentunya salah besar. 

Mobil didesain untuk menyala setiap hari. Jika mobil tidak dipanaskan karena jarang digunakan, maka akan ada banyak masalah yang muncul. Beberapa masalah yang akan muncul di antaranya adalah bensin akan basi, semua chemical (fluid) akan mengendap, dan juga karat akan menumpuk.

Anda tentunya tidak ingin masalah ini terjadi pada mesin mobil anda bukan? Maka dari itu anda perlu menyalakan mobil setiap hari. Jadi, jika anda menemukan mitos atau informasi yang bertebaran tentang memanaskan mobil, anda tak perllu bingung lagi.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi