Ini Dia Penyebab Aki Mobil Cepat Soak

Ini Dia Penyebab Aki Mobil Cepat Soak, HaloBengkel.com – Penyebab aki mobil yang sudah mulai soak itu sudah menjadi tanda

Ini Dia Penyebab Aki Mobil Cepat Soak, HaloBengkel.com – Penyebab aki mobil yang sudah mulai soak itu sudah menjadi tanda kalau ada masalah yang harus diselesaikan dengan segera. Karena aki mobil itu menjadi peran yang sangat penting dalam kinerja pada mobil. 

Aki mobil memiliki peran krusial dalam menjaga kelancaran operasional kendaraan. Selain memberikan daya untuk memulai mesin dengan memutar starter, aki juga menyediakan energi untuk sistem elektronik seperti lampu, radio, dan kipas pendingin. 

Selain itu, aki berfungsi sebagai penyimpan energi sementara dan menjaga stabilitas tegangan dalam sistem listrik mobil. Secara keseluruhan, aki memainkan peran penting dalam memastikan kendaraan beroperasi dengan baik serta menyediakan daya untuk berbagai komponen elektronik di dalamnya.

Seperti yang kita ketahui fungsi dari aki itu adalah untuk menyuplai daya listrik sampai ke komponen yang terdapat di dalam mobil tersebut. Salah satu penyebab mobil yang tidak bisa distarter penyebabnya ada di aki mobil. 

Berikut ini adalah penyebab aki mobil kamu cepat soak:

  • Sudah Habisnya Air Pada Aki Mobil

air aki mobil habis

Yang pertama adalah membiarkan air pada aki habis dan kamu sebagai pemilik mobil tidak menyadarinya. Jika dibiarkan begitu saja maka yang akan terjadi umur aki mobil menjadi lebih pendek dari seharusnya. Jadi, aki nya akan menjadi lebih cepat soak. Biasanya hal ini terjadi pada aki yang sudah basah dan sudah diharuskan untuk segera isi ulang secara berkala.

Sehingga kamu harus selalu cek kondisi air aki mobil minimal seminggu kali. Dan jika aki mobil kamu menggunakan aki basah, kamu harus mengisi ulang hingga batas maksimum.

  • Mengendarai Mobil Sampai Intensitas Tinggi

Perawatan Berkala Mobil Sebelum Mudik

Jika mobil kamu digunakan sudah terlalu sering juga akan ada efek samping pada aki. Karena menggunakan mobil yang terlalu sering bahkan hingga intensitas tinggi bisa menyebabkan aki mobil bekerja sangat ekstra, hingga akhirnya aki mobil cepat soak. Tapi, jika ingin tetap menggunakan mobil dengan intensitas tinggi kamu bisa cek rutin dan selalu pastikan kondisi aki mobil secara rutin, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

  • Mobil Yang Jarang Digunakan 

Selanjutnya, jika mobil kamu jarang digunakan maka yang akan terjadi mesin tidak mendapatkan suplai listrik yang dibutuhkan. Hal yang akan terjadi kinerja aki tidak akan berkerah secara optimal. Maka mobil sulit untuk dinyalakan, oleh karena itu kamu sebagai pemilik mobil yang tidak sering mengendarai mobil alangkah baiknya untuk selalu mematahkan mobil setiap hari, walaupun mobil kamu jarang digunakan.

  • Memakai Aksesoris Mobil Yang Berlebihan 

aksesoris mobil

Sebenarnya boleh saja jika kamu ingin menggunakan aksesoris mobil, contohnya seperti kamu menambahkan lampu – lampu yang membuat mobil semakin cantik, atau menambahkan sound sistem, atau lain sebagainya. 

Tapi yang perlu kamu ketahui dan perhatikan, kamu harus kalau kapasitas aki mobil kamu bisa menyuplai aksesoris terbuat atau tidak. Karena jika aki mobil kamu malah tekor saat menggunakan aksesoris tersebut, maka yang akan terjadi dengan seiringnya waktu maka aki mobil kamu nanti akan soak.

Apa kesimpulannya nih??

Dari bacaan diatas itu adalah penyebab aki mobil cepat soak. Memang sebenarnya untuk masalah aki mobil ini bisa saja diatasi sendiri di rumah, tapi jika kamu ingin lebih mendapatkan aki mobil yang optimal serta dikerjakan dengan proses yang lebih cepat, alangkah baiknya kamu segera bawa mobil kamu ke bengkel terbaik yaitu HaloBengkel.

Di HaloBengkel kamu bisa melakukan perawatan mobil yang menyeluruh dari A sampai ke Z. Tunggu apa lagi, buruan konsultasikan dan bawa mobil kesayangan kamu ke HaloBengkel sekarang.

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Memeriksa Sistem Suspensi Secara Rutin?

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi