Ini Dia Penyebab Mobil Turun Mesin

Ini Dia Penyebab Mobil Turun Mesin, HaloBengkel.com – Kalau udah bahas turun mesin pada mobil pasti akan banyak pengeluaran yang

Ini Dia Penyebab Mobil Turun Mesin, HaloBengkel.com – Kalau udah bahas turun mesin pada mobil  pasti akan banyak pengeluaran yang dikeluarkan bukan? Karena turun mesin menjadi masalah yang sangat serius dan mau gak mau harus segera ditanganin dan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Pada umumnya turun mesin adalah proses pembongkaran mesin mobil, karena ada beberapa bagian mesin mobil yang harus segera di cek dan harus di perbaiki secara menyeluruh. Dan tujuannya adalah untuk mengganti beberapa komponen yang perlu diperbaiki, serta membersihkan ruang bakar, serta memberikan pengaturan kembali agar hasil kinerja mesin tetap bagus.

Oh iya, mobil yang jarang banget melalukan service secara rutin biasanya akan lebih cepat mengalami turun mesin lho. Dan biasa nya sebuah mobil akan mengalami turun mesin ketika umur mobil sudah mencapai 5 sampai 10 tahun pemakaian (tergantung pada perawatannya).

Berikut ini adalah penyebab terjadinya mobil turun mesin.

  • Mobil Yang Terkena Banjir

Banjir adalah salah satu momok menakutkan sobat untuk kita para pengendara mobil. Air kotor dari banjir bisa merusak mesin mobil, jika ini dibiarkan maka akan cepat rusak. Mobil yang terkena banjir pun bisa menyebabkan mobil kamu turun mesin. Karena air yang masuk kedalam mesin mobil dan dibiarkan akan merusak serta dapat menimbulkan karat, pecah, dan lubang.

  • Kebocoran Pada Oli

Kebocoran pada oli atau berkurangnya oli pada mesin mobil bisa menyebabkan mobil turun mesin karena mesin akan kekurangan oli sebagai pelumas. Dan jika oli tidak di ganti secara rutin maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

  • Overheating 

Overheating juga dapat membuat mobil menjadi turun mesin, karena pada umumnya overheat adalah menjadi tanda kalau ada masalah pada mesin mobil kamu. Oleh karena itu jika kamu sudah merasakan hal ini maka segeralah  untuk membawa mobil kamu ke bengkel terdekat.

  • Timing Belt Putus 

Hayo siapa yang menganggap kalau timing belt masalah yang spele pada mobil? Karena jika timing belt sudah putus akan menyebabkan piston atau katupnya akan saling bertabrakan sehingga menimbulkan kerusakan yang sangat serius. Jika terus dibiarkan maka lama kelamaan mobil kamu tiba – tiba akan mengalami mogok.

  • Tidak melakukan service rutin 

Ketidak disiplinnya pemilik mobil untuk melakukan perawatan rutin juga dapat mengakibatkan mobil kamu rentan turun mesin lho. Contoh nya seperti tidak mengganti oli, filter bahan bakar, atau filter udara juga bisa memicu mobil kamu turun mesin.

  • Oli mobil tercampur dengan air 

Jika oli mobil kamu sudah terkontaminasi oleh air bisa menimbulkan karat atau korosi di mesin mobil kamu. Nah, jika kamu biarkan kelamaan maka bisa menyebabkan mobil kamu turun mesin. 

  • Menggunakan Suku Cadang Palsu 

Jika kamu mengganti suku cadang dengan suku cadang yang palsu dan tidak ada merek nya dapat memengaruhi kinerja mesin mobil kamu dan bisa menyebabkan mobil kamu turun mesin. Jadi, pastikan jika kamu hendak mengganti suku candang, gunakan suku cadang yang asli.

Pada dasarnya jika mobil kamu sudah ada tanda seperti munculnya asap berwarna putih, kebocoran di oli pada mesin, tenaga mesin mulai lemah, sampai sudah ada bunyi yang tidak wajar, sudah dipastikan kalau mobil kamu sudah menandakan turun mesin.

Jika mobil kamu sudah ada tanda seperti yang diatas. Alangkah baiknya mobil kamu langsung di bawa ke bengkel kesayangan kamu, HaloBengkel.

Baca juga: Tips Poles Mobil Dengan Tepat

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi