Ini Fungsi Dari Bumper Mobil

Ini Fungsi Dari Bumper Mobil, HaloBengkel.com – Tidak sedikit orang membeli mobil karena dia, yup betul faktor jatuh cinta orang

Ini Fungsi Dari Bumper Mobil, HaloBengkel.com –  Tidak sedikit orang membeli mobil karena dia, yup betul faktor jatuh cinta orang membeli mobil bisa dari model bumpernya yang menurut mereka menarik. Banyak juga yang bertanya apa aitu bumper dari mobil, sering sekali dilihat namun gak tahu apa sebenarnya bumper mobil itu, dan seperti apa fungsinya.

Bumper sendiri merupakan salah satu komponen dari mobil yang dibuat dari besi dikombinasikan dengan plastic serta dipasang pada bagian mobil yang sangat rawan benturan. 

Posisi bumper ini diletakkan melintang pada sisi depan dan juga belakang mobil untuk meredam dan menahan adanya benturan dari depan dan juga belakang. Inilah bumper, jangan salah ya, bumper ini juga ada disisi belakang, jadi gak cuma ada bumper depan saja teman-teman.

Bumper ini juga dibilang cukup penting fungsinya pada sistem kerja dari mobil yaitu dari sisi keselamatan penumpang dan pengemudinya. Bumper sengaja dibentuk sedemikian rupa untuk dipasang disisi paling vital guna menjadi peredam jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Dengan adanya bumper ini bisa memberikan rasa aman bagi pengemudi dan juga penumpangnya, dari sisi pabrikan juga bisa banyak melakukan eksplorasi model dan bentuk untuk menarik calon pembelinya.

Desain dari bumper mobil ini semakin kesini semakin baik, bisa kita lihat saat ini mobil-mobil keluaran baru punya bentuk bumper yang sangat sporty dan juga sangat elegan. Sehingga kadang orang lebih mementingkan atau berfikir bahwa bumper mobil itu hanyalah desain semata namun memiliki fungsi yang sangat besar.

Baca juga: Teknik Gampang Parkir Paralel Mobil Matic Terutama Untuk Perempuan

Fungsi Dari Bumper Mobil:

  • Sebagai Peredam Benturan Keras.

Saat hal buruk yang tidak diinginkan terjadi benturan bisa terjadi dari sisi depan dan juga belakang, namun paling membahayakan adalah dari sisi depan, dengan adanya bumper, penumpang bisa teredam dari benturan. 

Bumper bisa membantu meredam benturan serta menyerap energi yang ditimbulkannya. Bumper bisa meneruskan energi ke sisi crumple zone mobil sehingga tenaga tabrakan menuju kabin bisa diminimalisir.

  • Sebagai Aerodinamis Mobil.

Selain memberikan perlindungan bagi penggunanya disisi dalam, mobil juga dibekali dengan bumper yang sangat baik dirancang. Desain bumper mobil mendukung sisi aerodinamis dari mobil itu sendiri. Sisi tepi dari bumper mobil yang dilipat ke bagian belakang bisa menjaga downforce lebih baik jadi membuat mobil lebih stabil dijalan raya.

  • Tempat Sensor dan Fog Lamp.

Bumper mobil juga bisa memiliki fungsi utama yang lain, diantaranya adalah bisa ditempatkan lampu mobil dan juga lampu kabut. Dengan adanya lampu kabut ini pencahayaan pada sisi depan jalan jadi sangat baik apalagi ketika hujan tiba disertai kabut, jadi lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Tidak sampai disana, dengan adanya perkembangan teknologi otomotif, kita bisa dengan mudah melakukan penempatan mobil atau parkir karena sensor di sisi bumper. Fungsi dari sensor dibumper depan dan belakang ini bisa memberikan peringatan bagi pengemudi tentang jarak dari kendaraan kita ke sisi kendaraan lain ataupun tembok di belakangnya.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi