Jangka Waktu Service Mobil: Manfaat dan Jenisnya

Sebagaimana halnya kendaraan lain, mobil juga termasuk kendaraan yang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Supaya mobil tetap prima dan aman

Sebagaimana halnya kendaraan lain, mobil juga termasuk kendaraan yang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Supaya mobil tetap prima dan aman digunakan setiap hari. Kira-kira, berapa jangka waktu service mobil yang ideal?

Sebagai salah satu pemilik mobil, mungkin ada yang penasaran dengan hal tersebut. Terutama untuk yang baru saja membeli mobil. Bahkan, yang sudah mempunyai mobil sejak lama pun masih banyak yang belum tahu jangka tersebut.

Padahal, pengetahun seputar jangka waktu untuk service mobil sangat-sangat penting. Bagi Anda yang penasaran, bisa langsung simak ulasan lengkap berikut. 

Lantaran sudah kami rangkumkan jawabannya. Lengkap dengan beberapa informasi lain yang mungkin Anda butuhkan.  

Berapa Jangka Waktu Service Mobil

Pada dasarnya, jangka service antara mobil yang satu dengan mobil yang lain berbeda-beda, ya. Hal ini tergantung pada berbagai aspek. Mulai dari jenis servis yang Anda lakukan, merk mobil, sampai dengan mobilitas mobil tersebut.

Maka, untuk memastikan berapa jangka service mobil yang Anda miliki, bisa cek langsung di buku panduan perawatan berkala serta padankan dengan beberapa aspek yang lain. 

Sebagai contoh, beberapa mobil Suzuki mencantumkan perawatan secara berkala setiap 10 ribu km, atau per 6 bulan sekali. Hal ini sebagaimana yang tertera di dalam buku panduan perawatannya. 

Nantinya, Anda bisa service mobil sesuai menyesuaikan mana yang duluan tercapai. Jika sudah mencapai 10 ribu bisa lakukan service, meski belum mencapai 6 bulan. Begitu pula sebaliknya. 

Namun, begitu sudah selesai service di bengkel yang resmi, biasanya pihak service justru akan menyarankan untuk service tiap kali mobil mencapai perjalanan 5 ribu km. 

Sementara pada mobil Toyota, di dalam buku panduannya tertera bahwasanya service mobil Toyota berkala adalah tiap kali 10 ribu km. Begitu selesai service, pihak bengkel juga akan menganjurkan untuk service tiap 5 ribu km sekali. 

Itu artinya, jika melihat jangka waktu service rutin mobil yang ada di buku panduan, Anda bisa membawa mobil ke tempat service per 10 ribu km sekali, atau per enam bulan sekali. Namun, bisa juga mengikuti anjuran dari pihak service. 

Tentu, mempertimbangkan saran dari pihak service juga menjadi bagian yang penting. Lantaran kemampuan dan pemahaman mereka terhadap mobil, kan?

Manfaat Servis Mobil Secara Rutin

jangka waktu service mobil

Ternyata, membawa mobil ke service secara rutin bukan hanya sekedar menjaga kinerja dan performanya saja supaya lebih nyaman ketika berkendara. Namun, masih ada manfaat lainnya yang akan Anda peroleh.

Seperti menghadirkan rasa aman ketika berkendara, mengurangi biaya perawatan dalam jangka panjang, memperpanjang usia mobil, hingga menjaga nilai jual mobil.

Jenis Service Mobil

Menariknya lagi, service mobil terbagi ke dalam beberapa jenis. Tiap jenisnya mempunyai waktu yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis service mobil yang perlu Anda ketahui:

1.  Service berkala

Service berkala mobil termasuk salah satu jenis service mobil yang terkenal. Jadi, service mobil berkala merupakan kegiatan perawatan mobil yang dilakukan oleh pihak bengkel. 

Nantinya, pihak bengkel resmi akan memberikan jadwal service. Jadwal tersebut akan dibuat sesuai dengan jarak tempuh, plus catatan yang ada di buku. Tiap kali service, Anda harus membawa buku service. 

Dalam hal ini, buku service mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengetahui track record service yang Anda lakukan. Simpan catatan tersebut dengan baik dan benar, dan jangan sampai hilang.

2. Service Khusus

Jenis-jenis service mobil yang berikutnya adalah service khusus. Sesuai namanya, service khusus ini adalah jenis yang hanya perlu Anda lakukan pada bagian tertentu, yaitu bagian-bagian yang rusak. 

Kerusakan yang terjadi bisa saja dikarenakan oleh berbagai faktor. Adapun beberapa contoh service khusus ialah service pintu mobil, lampu, kaca mobil, jok mobil, head unit, audio mobil, mesin, dan yang lainnya. 

3. Service Tune-up

Jenis yang selanjutnya adalah service tune-up. Service tune-up adalah jenis service yang melakukan penyetelan ulang semua komponen pada mobil. Jenis service yang satu ini jangkanya jauh lebih lama daripada service berkala.

Selain itu, pengerjaannya juga lebih lama. Lantaran proses pemeriksaan komponen tentu lebih banyak. Tujuannya adalah untuk mengembalikan performa mobil, supaya sama seperti performanya di awal.

Biasanya, jenis service ini bisa dilakukan setahun sekali, atau bahkan lebih. Tergantung kondisi. Jika mobil sudah terasa tidak enak lagi digunakan, maka Anda bisa melakukan service tune-up.

Saat service mobil, terdapat banyak komponen yang dicek. Seperti oli, aki, busi, throttle body, fan belt, filter udara, kampas rem, hingga kampas kopling. Harga biaya service mobil tentu sangat bervariasi. 

Tergantung kerusakan, komponen yang diganti, dan beberapa faktor yang lainnya. Dari ulasan di atas, jelas bahwasanya jangka waktu service mobil bisa bervariasi, begitu pula dengan harga service mobil

Adapun yang bisa menjadi acuan ialah buku panduan dan saran dari pihak bengkel.

Bagi Anda yang ingin service mobil, bisa bawa saja ke HaloBengkel. Tempat bengkel terbaik yang mempunyai berbagai jenis layanan. 

Selain melayani service mobil, kami juga menawarkan layanan cek mobil bekas bergaransi.

Sangat cocok untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas bergaransi. Nantinya, mobil tersebut akan dicek secara detail dan menyeluruh oleh teknisi kami yang handal. 

Kabar baiknya lagi, kami sudah bisa Anda akses lewat aplikasi. Sehingga, proses pemesanannya menjadi lebih mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera service mobil Anda, dan gunakan jasa inspeksi kami sekarang juga!



Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi