Kenapa Mobil-mobil Ini Gak Boleh Pakai Pertalite

Kenapa Mobil-mobil Ini Gak Boleh Pakai Pertalite, Halobengekel.com – Di Indonesia, Pertalite adalah salah satu jenis bahan bakar yang paling

Kenapa Mobil-mobil Ini Gak Boleh Pakai Pertalite, Halobengekel.com – Di Indonesia, Pertalite adalah salah satu jenis bahan bakar yang paling populer karena harganya yang relatif terjangkau dan ketersediaannya yang luas. Namun, tidak semua kendaraan cocok menggunakan Pertalite.

Beberapa jenis mobil, terutama yang berteknologi tinggi atau yang memiliki spesifikasi mesin tertentu, disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Turbo.

Apa Itu Pertalite?

Pertalite adalah bahan bakar minyak yang diproduksi oleh Pertamina dengan nilai oktan (RON) 90. Bahan bakar ini dirancang untuk memberikan alternatif yang lebih baik dari Premium (RON 88) dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98). Meskipun memiliki beberapa keuntungan, Pertalite tidak cocok untuk semua jenis mesin, terutama yang memerlukan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi.

Mengapa Oktan Penting?

Nilai oktan adalah ukuran kemampuan bahan bakar untuk melawan knocking atau detonasi di dalam mesin. Knocking adalah kondisi di mana campuran udara dan bahan bakar meledak sebelum waktunya, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin. Mesin dengan rasio kompresi tinggi, seperti yang ada pada mobil-mobil modern atau performa tinggi, membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi untuk mencegah knocking dan memastikan pembakaran yang efisien.

Mobil yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite

1. Mobil dengan Rasio Kompresi Tinggi

Mobil-mobil dengan rasio kompresi tinggi biasanya membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi. Beberapa contohnya termasuk:

  • Mobil Sport: Seperti Toyota Supra, Nissan GT-R, dan Porsche 911 yang memiliki mesin berperforma tinggi dengan rasio kompresi tinggi.
  • Mobil Mewah: Seperti BMW 7 Series, Mercedes-Benz S-Class, dan Audi A8 yang menggunakan mesin dengan teknologi canggih dan rasio kompresi tinggi untuk efisiensi dan performa.

2. Mobil dengan Teknologi Turbocharged

Mobil dengan mesin turbocharged atau supercharged memampatkan udara masuk sebelum masuk ke ruang bakar, yang meningkatkan rasio kompresi. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi untuk menghindari knocking. Contoh mobil dengan teknologi ini termasuk:

  • Honda Civic Turbo
  • Toyota Fortuner Diesel
  • Mitsubishi Pajero Sport

3. Mobil Hybrid dan Listrik

Mobil hybrid seperti Toyota Prius atau Honda CR-Z menggunakan mesin yang dirancang untuk efisiensi bahan bakar maksimal. Mesin-mesin ini sering kali dirancang untuk bekerja dengan bahan bakar beroktan tinggi untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi.

4. Mobil dengan Sistem Injeksi Langsung

Mobil dengan sistem injeksi langsung, seperti Mazda dengan teknologi SkyActiv atau mobil-mobil dari Volkswagen dengan TSI engine, juga memerlukan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi. Injeksi langsung meningkatkan tekanan dalam silinder, yang bisa menyebabkan knocking jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Dampak Penggunaan Pertalite pada Mobil Tidak Sesuai

1. Knocking dan Kerusakan Mesin

Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih rendah dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan knocking. Jika terus dibiarkan, knocking dapat menyebabkan kerusakan serius pada piston, silinder, dan komponen mesin lainnya.

2. Penurunan Performa

Mobil yang dirancang untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi mungkin tidak akan bekerja dengan optimal jika menggunakan Pertalite. Ini bisa menyebabkan penurunan tenaga dan akselerasi yang lebih lambat.

3. Efisiensi Bahan Bakar Menurun

Mesin yang tidak dirancang untuk bahan bakar beroktan rendah akan bekerja lebih keras dan kurang efisien, yang berarti konsumsi bahan bakar akan meningkat. Hal ini mengakibatkan biaya operasional yang lebih tinggi meskipun harga Pertalite lebih murah.

4. Emisi Lebih Tinggi

Pembakaran yang tidak sempurna karena knocking atau efisiensi yang menurun dapat menghasilkan emisi yang lebih tinggi. Ini tidak hanya buruk untuk lingkungan tetapi juga dapat menyebabkan mobil gagal dalam uji emisi yang semakin ketat.

Rekomendasi Distributor Suku Cadang Truk no 1  Haloautoindo

Alternatif Bahan Bakar untuk Mobil yang Tidak Bisa Menggunakan Pertalite

1. Pertamax (RON 92)

Pertamax adalah pilihan yang baik untuk mobil dengan rasio kompresi menengah hingga tinggi. Dengan nilai oktan 92, Pertamax memberikan perlindungan lebih baik terhadap knocking dan pembakaran yang lebih bersih.

2. Pertamax Turbo (RON 98)

Untuk mobil performa tinggi atau yang sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar, Pertamax Turbo dengan nilai oktan 98 adalah pilihan terbaik. Ini memastikan pembakaran yang sempurna dan performa optimal mesin.

3. Pertamax Racing (RON 100)

Pertamax Racing dirancang khusus untuk mobil balap atau kendaraan yang memerlukan bahan bakar dengan nilai oktan sangat tinggi. Ini adalah bahan bakar yang sangat khusus dan tidak diperlukan untuk penggunaan sehari-hari oleh sebagian besar pengguna kendaraan.

Rekomendasi jasa inspeksi mobil bekas balikpapan #1 Carscheck

Kesimpulan

Meskipun Pertalite adalah bahan bakar yang ekonomis dan mudah diakses, tidak semua mobil cocok menggunakan bahan bakar ini. Mobil dengan rasio kompresi tinggi, turbocharged, hybrid, atau dengan teknologi injeksi langsung memerlukan bahan bakar beroktan lebih tinggi untuk menghindari knocking, menjaga performa optimal, dan mengurangi emisi.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kerusakan mesin, penurunan performa, dan efisiensi bahan bakar yang buruk. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti rekomendasi pabrikan kendaraan mengenai jenis bahan bakar yang digunakan. Dengan memilih bahan bakar yang tepat, pemilik mobil dapat memastikan kendaraan mereka berjalan lancar, efisien, dan tahan lama.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi