Macam-Macam Dongkrak Mobil

Share This Post

dongkrak mobil

Macam-Macam Dongkrak Mobil, HaloBengkel.com – Car jack atau dalam Bahasa Indonesia adalah dongkrak merupakan alat yang unik, alat ini adalah tuas untuk mengangkat barang yang berat dan dipicu oleh gerakan tangan. Alat ini digunakan untuk melakukan perbaikan kendaraan roda empat seperti yang paling umum adalah mengganti ban mobil. 

Namun, tahukah sobat, bahwa seiring berkembangnya jaman, ada banyak sekali dari jenis-jenis dongkrak yang bermunculan dan punya cara kerja dan kegunaan yang semakin unik.

Pada umumnya dongkrak itu merupakan sistem gaya, ada dua jenis dongkrak, yaitu jenis dongkrak hidrolik dan dongkrak mekanik. Dongkrak mekanik lebih menggunakan gaya yang diteruskan dan juga diperbesar lewat roda gigi ke batang gigi serta jenis hidrolik merupakan dongkrak dengan gaya yang disalurkan dengan perantara zat cair khusus. 

Dan keunggulan dongkrak hidrolik adalah tenaga yang dibutuhkan itu relative lebih kecil dari dongkrak lain, jadi dongkrak jenis ini lebih umum beredar dan digunakan di masyarakat kita.

Jenis Dongkrak Mobil:

  • Dongkrak Gunting.

Dongkrak yang pertama akan kita bahas adalah jenis dongkrak gunting, dongkrak ini merupakan jenis dongkrak umum ketika kita pertama kali membeli mobil baru. Caranya dengan memutar poros dari ulir searah dengan jarum jam dengan bersamaan tongkat engkol untuk mengencangkan. 

Putaran ini yang akan menghasilkan daya ungkit atau daya angkat, jika untuk mengendorkannya, bisa memutar arah berlawanan dari jarum jam. Keunggulan dongkrak ini adalah sangat mudah dirawat dan penggunaannya cenderung mudah dan harganya cukup terjangkau.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Dongkrak Buaya.

Memang tidak salah, karena penyebutannya ini sedikit menyeramkan seperti hewan penerkam di sungai yaitu buaya. Hal ini bermula karena bagian depannya yang akan terbuka saat digunakan dan menyerupai hewan buaya, maka dongkrak ini disebut dongkrak buaya. Jenis dongkrak ini punya empat roda, dengan keuntungan bisa digunakan disegala medan.

Baik itu saat permukaan miring atau tidak rata. Adanya roda ini juga mempermudah jikalau ingin dipindahkan dari posisinya. Dongkrak ini bisa digunakan dan sangat cocok untuk mobil yang tidak terlalu besar, kapasitasnya beragam seperti 2 ton sampai 20 ton.

  • Dongkrak Botol.

Jenis dongkrak yang selanjutnya adalah dongkrak botol, karena bentuknya yang juga tidak kalah unik dari buaya, yaitu menyerupai botol. Dan terdiri dari bagian tabung dibagian bawah tabung mirip leher dari suatu botol. Cara kerja dari dongkrak botol adalah dipompa menggunakan tuas yang sudah ada pada sisinya, serta jika ingin menurunkan, kita bisa dengan mengendorkan saja katupnya itu. Dongkrak botol ini juga tidak kalah kuat dari dongkrak buaya, kekuatannya bisa mencapai 2 ton, sampai 100 ton sekali angkat.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.