Mengetahui Rekomendasi Bensin Yang Tepat

Share This Post

Simak Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Mengetahui Rekomendasi Bensin Yang Tepat, HaloBengkel.comHallo sobat HaloBengkel kita cari tahu yuk seputar bahan bakar, gimana spesifikasinya sampai rekomendasinya.

Berikut ini berbagai tips dan trik untuk kalian lebih mengenal bahan bakar minyak yang pas untuk kebutuhan mobil Anda.

  • RON 90

BBM RON 90 adalah bahan bakar yang sangat terjangkau, dengan harga yang cukup ekonomis ini RON 90 pas digunakan bagi kendaraan beroda dua. Sebelumnya ada jenis RON 88 yang termasuk kedalam jenis bahan bakar minyak terendah, yang digunakan untuk kendaraan yang memiliki kompresi di bawah 9:1. 

Dan RON 88 telah dilarang oleh pemerintah untuk dijual belikan dimulai pada 1 Januari 2023 lalu, sebab dinilai kurang baik digunakan pada mesin kendaraan dan juga kurang ramah lingkungan.

Apa saja contoh bahan bakar minyak RON 90? Jenis RON 90 adalah pertalite, dan RON 88 atau 89 adalah Premium.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • RON 92

RON 92 adalah jenis bahan bakar minyak yang lebih baik dibandingkan dengan RON 90, karena pembakaran mesin yang lebih baik menghasilkan pembakaran (lebih semprna). Jenis bbm ini juga lebih murni, dan cocok digunakan untuk mobil yang berteknologi injeksi, atau Electronic Fuel Injection (EFI).

Jenis bahan bakar minyak RON 92 ini contohnya adalah Pertamax.

  • RON 95

Pada sistem yang berforma tinggi jenis RON 95 cocok digunakan pada mobil Anda. Apabila kompresi rasio mobil yang tergolong tinggi lebih tepat jika  menggunakan jenis RON 95, dan sangat disaraankan.

Kelebihan RON 95 ini, jauh lebih bagus dalam mengurangi endapan dari sisa karbon pada proses pembakaran mesin. Sama seperti halnya dengan jenis bahan bakar minyak RON 92, jenis bbm RON 95 ini menghasilkan pembakaran secara yang cukup sempurna.

Tetapi kembali lagi dengan kebutuhan spesifikasi mesin yang dibutuhkan bagi kendaraan.

Sebagai contohnya adalah Shell V-Power dan juga Revvo 95 produksi Vivo.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • RON 98

Jenis bahan bakar minyak yang terakhir adalah jenis RON 95. Jenis bbm ini cocok untuk kendaraan balap atau mobil-mobil sport, atau mobil yang premium, dan juga mobil-mobil yang memiliki peforma lebih tinggi pada mesinnya. Rasio kompresi yang cocok tinggi ini dengan kisaran kompresi 11:1 hingga 13:1.

Contoh dari bbm RON 98 ini adalah Pertamax Turbo, dan Shell V-Power Nitro yang diproduksi oleh pabrikan Shell.

Sebenarnya apa manfaat dari kita mengetahui jenis-jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan? Selain berguna agar kendaraan tidak mudah rusak, juga dapat membantu kita memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit. 

Semakin kecil jenis RON yang digunakan pada kendaraan, maka semakin mudah cairan bensin yang terbakar. Jenis bahan bakar dengan  RON 92 lebih efektif dibandingkan dengan RON 90 dan 88, oleh sebab itu pemerintah lebih menyarankan jenis bahan bakar RON tersebut.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply