Mudik Pakai Mobil Listrik? Bisa Kok Perhatikan Ini Ya

Share This Post

baterai mobil listrik

Mudik Pakai Mobil Listrik? Bisa Kok Perhatikan Ini Ya, HaloBengkel.com – Mobil listrik semakin populer sebagai alternatif ramah lingkungan dalam dunia otomotif. Namun, banyak yang masih ragu untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil listrik karena kekhawatiran tentang jarak tempuh, infrastruktur pengisian daya yang belum matang, dan masalah lainnya. 

Kita akan membahas tentang pengalaman mengemudi jauh menggunakan mobil listrik, tantangan yang mungkin dihadapi, serta solusi untuk mengatasinya.

Mudik jauh pakai mobil listrik? Siapkan ini:

Perjalanan Jauh dengan Mobil Listrik: Apa yang Perlu Anda Ketahui

mobil listrik di indonesia

  • Jarak Tempuh: Salah satu kekhawatiran utama pengguna mobil listrik adalah jarak tempuh yang terbatas dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. Meskipun begitu, mobil listrik modern telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketersediaan baterai yang lebih besar, yang dapat memberikan jarak tempuh yang lebih panjang.
  • Infrastruktur Pengisian Daya: Infrastruktur pengisian daya masih menjadi tantangan bagi pengguna mobil listrik, terutama di daerah pedesaan atau negara-negara dengan penggunaan mobil listrik yang masih rendah. Namun, seiring dengan pertumbuhan pasar mobil listrik, jumlah stasiun pengisian daya terus bertambah. Kini PLN Mobil bisa dipakai untuk mengetahui lokasi SPKLU terdekat ya sobat.
  • Waktu Pengisian: Waktu pengisian daya mobil listrik bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan mengisi bahan bakar konvensional. Ini menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang terbiasa dengan perjalanan jauh dengan mobil bensin atau diesel.

Perlu diperhatikan saat ini mobil listrik yang ada di Indonesia sudah cukup baik. Contoh pada varian standard range (100-300 km) dan long range (di atas 300-600 km) untuk baterai 30-100 kWh. Tentu kapasitas yang baik ini akan membantu kita sebagai pengendara terbebas dari was-was nggak sampai lokasi pengisian listrik.

promo servis mobil
Bengkel Mobil Balikpapan no 1

 

Tantangan Mengemudi Jauh dengan Mobil Listrik

rekomendasi mobil listrik terbaik

Meskipun mobil listrik memiliki banyak keuntungan, ada beberapa tantangan yang harus diatasi ketika melakukan perjalanan jauh:

  • Keterbatasan Jarak Tempuh: Meskipun mobil listrik modern memiliki jarak tempuh yang lebih baik daripada versi sebelumnya, masih ada batasan dalam hal jarak yang dapat ditempuh sebelum perlu mengisi ulang baterai.
  • Infrastruktur Pengisian Daya yang Terbatas: Di beberapa daerah, khususnya di luar kota-kota besar, mungkin sulit menemukan stasiun pengisian daya. Hal ini dapat menjadi masalah jika perjalanan Anda melintasi daerah-daerah terpencil.
  • Waktu Pengisian: Proses pengisian daya mobil listrik biasanya memakan waktu lebih lama daripada mengisi bahan bakar konvensional. Meskipun ada stasiun pengisian cepat yang tersedia, mereka mungkin tidak selalu tersedia di semua lokasi.

Solusi untuk Mengatasi Tantangan

Meskipun ada beberapa tantangan, ada juga solusi yang dapat membantu Anda mengatasi kendala saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil listrik:

  • Perencanaan Perjalanan: Perencanaan rute perjalanan dengan cermat sangat penting saat menggunakan mobil listrik. Gunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan informasi tentang lokasi stasiun pengisian daya yang tersedia di sepanjang rute Anda.
  • Pengoptimalan Kecepatan dan Konservasi Energi: Mengemudi dengan kecepatan yang konsisten dan menghindari percepatan dan pengereman yang berlebihan dapat membantu mengoptimalkan jarak tempuh mobil listrik Anda.
  • Pemanfaatan Infrastruktur Pengisian Daya: Manfaatkan jaringan stasiun pengisian daya yang tersedia, termasuk stasiun cepat yang dapat mengisi daya mobil Anda dalam waktu yang lebih singkat.
  • Pembatasan Penggunaan AC dan Pemanas: Penggunaan sistem pendingin atau pemanas dalam mobil dapat mengurangi jarak tempuh baterai. Gunakanlah dengan bijak, terutama saat sedang dalam perjalanan jauh.

Jadi siapkan dengan baik ya:

Meskipun mengemudi jauh dengan mobil listrik masih melibatkan beberapa tantangan, pengalaman tersebut dapat menjadi lebih mudah dengan perencanaan yang tepat dan pemanfaatan infrastruktur yang tersedia. 

inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan no 1

 

Baca juga: Waspada Microsleep Saat Nyetir Mudik Lebaran

Leave a Reply