Pahami Yuk Komponen Dalam Rem Mobil Berikut Ini

Share This Post

Komponen Dalam Rem Mobil

Pahami Yuk Komponen Dalam Rem Mobil Berikut Ini, HaloBengkel.com – Sistem rem di mobil adalah mekanisme yang memungkinkan kita sebagai pengemudi bisa mengendalikan laju kendaraan dan memperlambatnya. 

Dalam artikel ini, HaloBengkel akan membahas komponen-komponen utama dari sistem rem mobil, terutama dari sistem rem cakram dan juga sistem rem tromol:

  1. Rem Cakram:
    • Kaliper: Kaliper rem ialah bagian vital dari sistem rem cakram loh sobat. Fungsinya menghimpit kampas rem di piringan cakram dan menopang kampas serta piston rem. Ada dua lagi nih jenis kaliper yang umum digunakan:
      • Floating caliper: Kaliper ini akan dapat bergerak ke kanan dan kiri. Saat ia bekerja, sisi yang memiliki piston akan menekan kampas rem, sedangkan sisi yang lainnya menekan kampas dari sudut yang berbeda.
      • Fixed caliper: Kalau jenis kaliper ini akan menyatu dengan brake support sehingga tidak dapat bergerak seperti floating caliper. Tugasnya akan menekan kampas rem hanya dilakukan oleh bagian atau sisi yang memiliki piston rem.
    • Disc Rotor (Piringan): Disc rotor merupakan komponen yang berputar bersama roda mobil. Ketika ditekan oleh kanvas rem, disc rotor akan memperlambat putaran ban. Radiasi panas pada sistem rem cakram lebih baik, dan juga proses pengeringan setelah terkena air relatif cepat.
promo servis mobil
Promo Servis Mobil
  1. Rem Tromol:
    • Tromol: Sistem rem tromol, tromol pastinya berperan penting. Ia bekerja dengan mengurangi laju ban mobil. Komponen ini terdapat dari beberapa bagian, termasuk kampas, pegas, penahan, lalu ada silinder roda, dan selang rem.
    • Kampas Rem: Kampas rem akan menghasilkan gaya gesekan yang mengurangi kecepatan kendaraan. Ia berfungsi dengan cara menekan komponen drum tromol saat pedal rem ditekan.
    • Master Silinder Rem: Master silinder akan mengubah energi gerak menjadi energi panas, dan memungkinkan kendaraan berkurang kecepatannya.
    • Pedal Rem: Pedal rem ini terletak di dalam kendaraan dan menghubungkan ke master silinder. Saat pengendara menginjak pedal, tekanan hidrolik menggerakkan komponen-komponen lainnya.

Dengan memahami komponen-komponen rem ini, kita dapat lebih mengetahui dari kerja keras sistem rem mobil yang menjaga kita aman di jalan. Lakukan perawatan komponen rem mobil kamu ya sobat.

Yuk servis mobil kamu di bengkel mobil Balikpapan no 1, HaloBengkel

inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.