Pengertian dan Fungsi Dari Spooring Ban Mobil

Pengertian dan Fungsi Dari Spooring Ban Mobil, HaloBengkel.com – Melakukan perawatan kendaraan mobil kamu sangat penting dilakukan, apa lagi jika

Pengertian dan Fungsi Dari Spooring Ban Mobil, HaloBengkel.com – Melakukan perawatan kendaraan mobil kamu sangat penting dilakukan, apa lagi jika sudah berkaitan dengan komponennya. Ada salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah bagian ban kendaraan mobil kamu. 

Karena jika kamu menggunakan mobil secara intens maka bisa terjadi pergeseran posisi ban mobil kamu dari settingan awalnya. Nah, solusi dari hal ini adalah kamu harus bisa memahami fungsi dari spooring dan balancing itu sendiri.

Apa itu spooring?

Pengertian dari spooring adalah sebuah proses menyeimbangkan roda-roda di mobil dan meluruskan ban depan dan ban belakang mobil. Jadi, posisinya akan sama rata seperti pada settingan awal dari pabriknya. 

Karena seiring berjalannya waktu untuk pengaturan roda dapat mengubah kondisi jalan raya serta cara dan gaya mengemudi. Perubahan ini juga sangat sulit di analisa, apa lagi jika mobil kamu sudah terlalu sering melewati jalanan dengan permukaan yang jalurnya tidak merata.

Baca juga: Akibat Minyak Rem Mobil Berkurang

Balancing adalah merupakan sebuah proses menyeimbangkan kembali dari semua roda mobil kamu dan akan memastikan kalau ban sudah berada dalam keadaan seimbang pada titik pusat roda mobil. 

Jika kondisi ban sudah seimbang maka kinerja kendaraan mobil kamu bisa dapat di optimalkan, terutama pada saat melewati jalur yang tidak merata.

Jika kamu melakukan perawatan spooring serta balancing sudah menjadi langka yang tepat untuk selalu menjaga keseimbangan roda mobil kamu serta bisa memaksimalkan kinerja ban dan mampu manjaga keselamatan, kenyaman selama kamu sedang didalam perjalanan. 

Berikut ini adalah fungsi spooring dan balancing ban mobil

Fungsi balancing dan spooring:

Fungsi dari balancing adalah untuk mengembalikan keseimbangan roda mobil kamu. Pada umumnya perawatan balancing di gunakan untuk kamu ingin melakukan rotasi pada ban mobil. Biasanya para teknisi akan memberikan tambahan pemberat yang berupa besi tempal di velg mobil kamu.

Kamu bisa saja melakukan perawatan balancing ini kapan saja atau pada saat kondisi ban mobil kamu sudah terasa kurang nyaman ketika sedang berkendara. Dan spooring itu sendiri fungsinya untuk meluruskan posisi setiap roda mobil kamu seperti baru dari pabriknya. 

Biasanya kamu pasti akan merasakan gejala yang biasanya akan menandakan kamu untuk segera melakukan perawatan spooring. Contohnya seperti  pada saat kamu sedang berendara pada kecepatan yan cukup tinggi dan kamu sudah mulai merasakan ketidak nyamaan di roda mobil kamu. Nah biasa nya ini kamu juga akan merasakan ada benjolan pada roda mobil kamu, entah itu cuman satu roda ataupun semuanya roda mobil kamu.

Dan apa bila kamu sering banget melakukan perjalanan yang sangat jauh, kamu bisa melakukan perawatan spooring setiap 10.000 kilometer sekali ya. 

Namun, apa bilan mobil kamu sudah terlalu sering melakukan perjalanan yang terjal atau kondisi jalanan yang tidak merata makan harus sering untuk melakukan perawatan spooring. Karena hal ini akan membantu kamu untuk memaksimalkan fungsi balancing dan spooring pada kendaraan mobil kamu.

Other Post

Download Now !

aplikasi service mobil

Download Sekarang Reservasi jadi Lebih MUDAH, dan Dapatkan GRATIS Garansi Check Up untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Related Post

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
garansi mobil bekas
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi