Penyebab AC Mobil Jadi Tidak Dinign

Share This Post

flushing ac mobil

Penyebab AC Mobil Jadi Tidak Dinign, HaloBengkel.com Salah satu masalah yang sering terjadi adalah AC yang hanya mengeluarkan angin, sehingga penting untuk mencari tahu penyebab AC mobil tidak dingin. Kondisi seperti ini tentunya akan sangat menjengkelkan karena membuat suhu di dalam mobil menjadi panas. Untuk mengetahui apa saja penyebab dari hal itu, mari simak beberapa penyebab umum yang ada di bawah ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil adalah salah satu komponen yang wajib ditemukan di dalam mobil modern terlebih ketika sedang berkendara di suhu yang panas atau situasi macet. Sebab, komponen mobil ini bisa mendinginkan suhu dan suasana hati sebab membuat kabin tidak gerah dan selalu sejuk. Ada beberapa hal yang menyebabkan AC tidak terasa dingin, di antaranya adalah:

  • Penyumbatan di Kondensor

Penyebab pertama yang membuat AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja yaitu karena terkadang ada penyumbatan yang terjadi di dalam kondensor. Kondensor yang tersumbat oleh kotoran atau debu bisa membuat suhu dingin yang dihasilkan oleh freon menjadi terhambat dan tidak bisa keluar.

Fungsi utama dari kondensor AC mobil sendiri yaitu untuk mengubah gas yang berasal dari freon menjadi cairan kembali sehingga bisa membuat kinerja AC menjadi lebih maksimal. Agar tidak mengalami penyumbatan, maka usahakan untuk senantiasa membersihkan kondensor secara rutin sehingga tidak ada kotoran yang menyumbatnya.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Oli Kompresor yang Berlebihan

Penyebab yang kedua yaitu ketika pengisian oli kompresor yang terlalu berlebihan sehingga membuat dampak yang negatif yakni meningkatkan tekanan freon AC. Hal itu akan membuat kompresor menjadi sangat panas sehingga proses kondensasi pun menjadi terhambat.

Jika hal ini terjadi, maka kabin mobil akan menjadi sangat panas karena suhu panas tersebut tidak bisa turun sama sekali. Apabila dibiarkan terlalu lama, hal itu bisa membuat kenyamanan Anda menjadi terganggu karena kabin menjadi gerah.

  • Fanbelt Putus

Salah satu penyebab yang sering luput dari perhatian banyak orang adalah ketika fanbelt putus. Fanbelt memiliki peran untuk menyalurkan putaran mesin menuju ke kompresor AC. Apabila fanbelt putus, secara otomatis hal itu akan membuat kompresor tidak bisa berputar sehingga mengakibatkan freon tidak bisa melakukan sirkulasi.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Extrafan Mati

Selain fanbelt, bagian lain yang cukup krusial adalah extrafan yang berfungsi untuk membantu proses kondensasi pada bagian kondensor. Ketika extrafan mati atau hanya berputar dengan lemah saja, hal itu bisa membuat proses kondensasi tidak bisa berjalan dengan baik sehingga AC mobil menjadi tidak dingin.

Sebenarnya, hal ini bisa segera diatasi dengan cara selalu mengecek kondisi extrafan. Untuk melakukannya, Anda bisa mengecek apakah extrafan yang ada di depan kondensor sudah berputar atau tidak ketika mobil dinyalakan.

  • Freon AC Habis

Ketika AC tidak terasa dingin, maka penyebab lainnya kemungkinan besar berasal dari freon AC yang sudah habis. Freon berfungsi sebagai penyerap udara hangat yang ada di kabin dan juga sebagai komponen pendingin. 

Jika freon mengalami kebocoran atau sudah habis, maka AC pun hanya akan mengeluarkan angin saja namun angin tersebut tidak dingin. Untuk itu, Anda harus mengganti freon dan selalu melakukan perawatan secara berkala.

Demikian beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang sering sekali ditemukan pada beberapa kasus. Apabila Anda menemukan bahwa AC mobil tidak berfungsi seperti biasanya, usahakan untuk segera melakukan perbaikan atau membawanya pada teknisi agar segera berfungsi lagi.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.