Penyebab Cat Mobil Rusak

Penyebab Cat Mobil Rusak, HaloBengkel.com – Cat mobil itu harus dirawat dan jika asal merawat, sisi luar mobil nantinya bakalan

Penyebab Cat Mobil Rusak, HaloBengkel.com – Cat mobil itu harus dirawat dan jika asal merawat, sisi luar mobil nantinya bakalan kusam dan juga rusak. Cat mobil merupakan salah satu elemen penting yang mempengaruhi tampilan dan perlindungan kendaraan kamu.

Tapi, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan cat mobil menjadi rusak atau juga kusam.

Berikut ialah beberapa penyebab umum dan juga cara mengatasinya:

  • Air yang Mengering dengan Sendirinya

Terutama saat musim hujan, air yang digunakan untuk mencuci mobil bisa menjadi musuh bagi cat. Air yang mengering dengan sendirinya dapat meninggalkan jamur pada permukaan cat.

Apa solusinya? Cuci mobil di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas bodi, keringkan permukaan bodi mobil yang basah dengan hati-hati.

  • Menggunakan Sembarang Shampo Mobil

Penggunaan shampo yang bukan khusus mobil bisa membuat lapisan cat cepat menipis dan membuat terlihat kusam. Solusinya, kamu harus pilih shampo mobil dengan pH di bawah 10 untuk menjaga cat tetap awet.

  • Getah Pohon

Memarkirkan mobil dengan posisi di bawah pohon yang rindang akan mungkin terlihat nyaman, tetapi getah pohon dapat merusak cat. Solusinya, kamu perlu menghindari memarkirkan mobil di bawah pohon yang mengeluarkan getah.

  • Debu dan Kotoran

Debu dan juga kotoran yang menempel pada sisi permukaan cat dapat merusak lapisan pelindung. Solusinya kamu perlu rajin membersihkan mobil dengan cara mencuci dan mengelap permukaan dengan lembut.

  • Cuaca Ekstrem

Panas teriknya matahari, hujan yang lebat, dan juga angin kencang dapat memudarkan serta merusak cat mobil. Solusinya terbaik parkir mobil di tempat yang terlindungi dari cuaca yang ekstrem dan juga gunakan penutup mobil. 

Paparan sinar UV matahari, hujan asam, debu, dan polusi udara dapat merusak lapisan cat mobil seiring waktu. Paparan terus-menerus terhadap cuaca ekstrim dapat menyebabkan perubahan warna, pudar, dan retaknya cat mobil.

  • Kerikil dan Batu Kerikil

Pebbles, kerikil, dan batu kerikil yang terlempar oleh ban kendaraan lain atau yang terdapat di jalan dapat menyebabkan goresan dan kerusakan pada cat mobil. Terutama pada kecepatan tinggi, partikel-partikel kecil ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan.

  • Pencucian yang Tidak Benar

Pencucian mobil yang tidak benar, seperti mencuci dengan spons kasar atau deterjen yang keras, dapat menyebabkan goresan halus dan memudarnya cat. Penggunaan bahan kimia yang tidak cocok juga dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan noda yang sulit dihilangkan.

  • Korosi dan Karat

Korosi dan karat dapat menyebar di bawah lapisan cat, menyebabkan pengelupasan dan kerusakan struktural yang lebih serius pada kendaraan. Terutama di daerah dengan iklim lembab atau yang terkena air asin, korosi dapat menjadi masalah besar.

  • Kecelakaan dan Benturan

Kecelakaan atau benturan kecil dapat merusak lapisan cat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Meskipun mungkin terlihat sebagai kerusakan fisik yang kecil pada awalnya, dapat menyebabkan kerusakan lebih serius pada cat jika tidak segera diperbaiki.

Langkah Pencegahan untuk Melindungi Cat Mobil:

  • Lakukan Pengecekan Rutin: Periksa secara rutin kondisi cat mobil Anda untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau goresan yang perlu diperbaiki.
  • Gunakan Pelindung Cat: Pemasangan film pelindung cat atau pelapis khusus dapat membantu melindungi permukaan cat dari goresan dan kerusakan akibat faktor lingkungan.
  • Cuci dengan Lembut: Gunakan spons yang lembut dan deterjen yang dirancang khusus untuk mencuci mobil Anda, hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, dan keringkan mobil dengan kain mikrofiber setelah dicuci.
  • Lakukan Perawatan Rustproofing: Perlindungan anti karat dan korosi dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang keras.
  • Pergunakan dengan Hati-hati: Hindari parkir kendaraan Anda di tempat yang terlalu dekat dengan pekerjaan konstruksi atau di daerah yang berisiko tinggi terkena kerikil dan batu kerikil.

Baca juga: Fungsi Cruise Control Mobil

Keranjang
Home
Product
Wishlist
Compare
Menu
Open chat
1
Info Layanan & Konsultasi
Scan the code
Info Layanan & Konsultasi