Penyebab Dari Rusaknya Transmisi Mobil

Share This Post

Penyebab Dari Rusaknya Transmisi Mobil

Penyebab Dari Rusaknya Transmisi Mobil, Halobengkel.com – Transmisi mobil adalah komponen vital yang menghubungkan mesin dengan roda. Ketika transmisi mengalami kerusakan, kinerja kendaraan bisa terganggu dan biaya perbaikan pun dapat meningkat. Mari kita telusuri beberapa penyebab umum kerusakan transmisi dan bagaimana mengatasinya.

1. Gaya Berkendara yang Serampangan

Salah satu penyebab utama kerusakan transmisi adalah gaya berkendara yang serampangan. Pengemudi yang sering melakukan kickdown atau menekan gas secara cepat dan dalam pada satu waktu dapat membebani transmisi. Terutama pada transmisi jenis CVT (Continuously Variable Transmission), kebiasaan ini membuat komponen-komponen seperti belt lebih cepat aus. Meski kickdown bukanlah tindakan dilarang, pengemudi perlu memperhatikan kecepatan dan tenaga mesin sebelum melakukannya.

2. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai juga dapat merusak transmisi. Beberapa pemilik mobil masih menggunakan oli transmisi matic konvensional untuk kendaraan dengan transmisi CVT. Padahal, oli CVT lebih licin dan encer karena hanya memiliki dua komponen utama. Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat mempercepat keausan komponen transmisi.

promo servis mobil
Bengkel Mobil Balikpapan no 1

3. Kebocoran Oli Transmisi

Kebocoran pada area transmisi adalah gejala kerusakan yang sering terjadi. Bocornya oli transmisi bisa disebabkan oleh seal yang sudah getas. Jika Anda melihat cairan di bagian lantai setelah parkir, periksalah area transmisi.

4. Gigi Aus atau Rusak

Komponen seperti gigi dan bearing pada transmisi dapat mengalami keausan. Jika gigi aus atau rusak, perpindahan gigi menjadi tidak lancar dan dapat merusak sistem transmisi.

5. Masalah pada Solenoid Transmisi

Solenoid adalah komponen elektronik yang mengontrol aliran oli dalam transmisi. Jika solenoid mengalami kerusakan, perpindahan gigi bisa terganggu. Periksa dan ganti solenoid jika diperlukan.

Perawatan dan Tindakan Pencegahan

  • Perawatan Rutin: Lakukan perawatan rutin sesuai panduan pabrikan, termasuk penggantian oli secara berkala.
  • Gunakan Oli yang Sesuai: Pastikan menggunakan oli yang direkomendasikan untuk jenis transmisi kendaraan Anda.
  • Perhatikan Gaya Berkendara: Hindari kickdown berlebihan dan perhatikan kecepatan serta tenaga mesin.
  • Periksa Kebocoran: Selalu periksa area transmisi untuk mendeteksi kebocoran.

Ingatlah bahwa transmisi adalah otak kendaraan. Dengan perawatan yang baik, Anda dapat memastikan mobil tetap andal dan nyaman dalam perjalanan. 

inspeksi mobil balikpapan
Inspeksi Mobil Balikpapan no 1

 

Baca juga: Fungsi Fitur Hill Start Assist

Leave a Reply