Penyebab Mobil Bisa Turun Mesin

Share This Post

mobil turun mesin

Penyebab Mobil Bisa Turun Mesin, HaloBengkel.com – Siapa yang langsung kaget mendengar kata turun mesin, betul istilah turun mesin di mobil ini menjadi faktor yang cukup penting bagi pemilik dan juga mekanik. Turun mesin ini sebetulnya direkomendasikan oleh teknisi atau mekanik, rekomendasi turun mesin ini menjadi tanda ada komponen dari mobil yang perlu diperbaiki dengan cara khusus. Penggunaan mobil secara terus menerus tanpa adanya perawatan yang benar inilah yang menjadi faktor utama dari turun mesin. 

Terdengar klasik kalau orang mengatakan loh mobil saya saat dibawa ke bengkel dalam keadaan yang baik namun malah harus turun mesin saat dilakukan pengecekan. Namun, hal ini bukan sembarangan diucapkan oleh mekanik, pasti ada urgensinya mobil harus turun mesin, kita bahas perihal turun mesin dalam artikel berikut ini.

Apa itu turun mesin?

Turun mesin yang dalam Bahasa aslinya overhaul merupakan suatu tindakan pembakaran pada mesin serta mengganti komponen yang sudah rusak akibat penggunaan sudah terlalu lama. Pembongkaran ini bukan dilakukan setiap kali kita melakukan service, namun ketika mobil sudah sangat lama digunakan dan ada pengecekan kembali harus dilakukan turun mesin. 

Sebetulnya kalau dilakukan perawatan rutin serta penggantian komponen sesuai yang direkomendasikan, turun mesin ini tidak perlu dilakukan namun ada saja yang tidak tahu ataupun lalai sehingga turun mesin pun harus dilakukan.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service

 

Baca juga: Teknik Gampang Parkir Paralel Mobil Matic Terutama Untuk Perempuan

Penyebab turun mesin pada mobil.

Ada beberapa penyebab memang dalam turun mesin di mobil, namun benang merahnya itu sama dari kelalaian pemilik mobil itu sendiri. Perawatan mobil itu selalu dan wajib dilakukan, karena mobil bukan hanya dari eksterior saja, namun interior termasuk mesin perlu dirawat.

  • Oli Mesin Buruk / Palsu.

Nah ini yang sering sekali terjadi, membeli atau menggunakan oli yang berkualitas buruk. Padahal oli merupakan darah dari mesin itu sendiri untuk bisa bergerak dengan baik tanpa hambatan. Dengan menggunakan oli yang buruk, mesin malah mudah tergesek dan juga menimbulkan kinerja yang berat serta cepat panas. 

Komponen-komponen mesin yang kepanasan tadi akan cepat rusak, bayangkan, oli palsu yang digunakan bisa memperpendek durasi penggunaan mobil itu sendiri hanya karena mengincar harga oli murah dipasaran.

Beli oli ditempat langganan Anda yang sudah terpercaya, tidak salah kalau mencari tahu bagaimana dan apa ciri dari oli mobil yang palsu dan asli. Demi penggunaan mobil yang panjang dan tidak mengharuskan turun mesin dan merugikan kita sendiri.

  • Timing belt mobil putus.

Komponen ini memiliki fungsi membuka serta menutup intake serta juga katup exhaust mesin mobil. Kedua katup ini perlu bergerak terbuka dan tutup dalam waktu yang pas guna proses pembakaran dan juga komponen lainnya tidak terganggu.

Saat timing belt ini putus maka komponen yang berhubungan dengan dia akan ikut rusak karena bertabrakan. Dan ini yang menyebabkan kerusakan parah dan mau tidak mau mobil harus turun mesin serta mengganti komponen lainnya yang juga ikut rusak.

  • Sering overheat / mesin terlalu panas.

Kalau mesin mobil menjadi lebih panas dari biasanya dan dibiarkan, mobil akan mati mendadak. Tidak sampai disana, kerusakan akan merembet kemana-mana sampai komponen lainnya kena dampak kerusakan. Ambil saja contoh silinder yang akan melengkung karena panasnya mesin.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.