Penyebab Power Steering Mobil Itu Berat

Share This Post

power steering mobil

Penyebab Power Steering Mobil Itu Berat, HaloBengkel.com – Mobil saat ini tentu sangat berbeda dengan mobil dulu, kalau mobil lama atau jadul perlu menggunakan kekuatan otot yang besar untuk membelokan mobil. 

Namun saat ini kita tidak perlu kerja keras hanya untuk membelokan kemudi dan mengembalikannya ke posisi semula, karena kemudahan itu disupport oleh yang namanya power steering. 

Namun, tetap saja namanya mobil bisa bertambah usia, mobil dengan power steering pun bisa berat karena bertambahnya usia mobil. Hal ini membut kita terasa lebih cepat letih saat mengemudi atau berkendara di jalan raya.

Ketika roda mobil beserta kemudi yang biasanya mudah diputar akan menjadi berat jika ada gangguan dari sisi power steering. Nah untuk mengatasi itu semua, bisa kita cari tahu dan bahas mengapa power steering itu jadi berat dan langkah apa yang perlu diambil untuk mengatasi masalah steering ini?

Apa Penyebab Power Steering Berat?

Simak beberapa penyebab dari power steering yang menjadi berat dalam beberpa point dibawah ini.

  • Adanya kebocoran.

Hal pertama yang bis akita cari tahu adalah adanya kebocoran ketika power steering ini berat. Power steering itu terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah minyak dari power steering yang mengalir ke pipa, nah bisa jadi pipa saluran ini menjadi bocor. Jika ada kebocoran, maka tekanan dari pompa power steering itu menjadi kurang maksimal, jadi setir yang kita gunakan terasa amat berat dari biasanya.

Cara mengatasinya adalah ke bengkel power steering minta untuk mengganti saluran atau pipa minyak dari power steering tersebut, ganti dengan pipa yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi dari mobil atau steering mobil sobat semua.

Baca juga: Apa Yang Perlu Diservis Saat Membeli Mobil Bekas

  • Minyak steering berkurang / habis.

Mirip seperti point pertama pada cadangan minyak dari power steering, kalau minyak ini berkurang mendekati habis, artinya siap-siap power steering mobil anda jadi berat. Pasalnya prinsip kerja dari power steering adalah menggunakan hidrolik. Sistem ini butuh tekanan yang cukup, dimana daya yang dihasilkan bisa membantu kita dalam memutar kemudi mobil. Nah untuk mendapatkan tekanan tersebut sistem dari hidrolik ini butuh cairan, yaitu cairan pelumas steering atau minyak steering. 

Untuk mengatasinya adalah dengan menambah atau mengisi ulang dari minyak power steering mobil Anda. Tetap usahakan beli minyak power steering yang terbaik agar power steering mobil bukan hanya kembali prima, namun mobil jadi awet tahan lama.

Baca juga: Mobil Hatchback Bekas Terbaik 2023

  • Ada masalah pada seal.

Tidak hanya berkutat pada minyak steering saja, namun penyebab beratnya power steering itu bisa timbul dari komponen yang bermasalah. Seal ini bisa saja bergeser keluar jalur dan menimbulkan bocornya minyak power steering dan mengurangi tekanan pompa hidrolik dan setir jadi berat. 

Bawa ke bengkel power steering untuk minta diperbaiki seal pada posisi semula dan mengganti seluruh cairan minyak power steering tadi. Agar tidak ada debu dan kotoran yang tersisa dan malah merusak komponen steering dari hanya lalai tidak mau mengganti minyak power steering secara keseluruhan.

Lakukan perawatan mobil cuma di HaloBengkel, untuk kamu di Balikpapan bisa melakukan perawatan mobil di bengkel mobil balikpapan HaloBengkel..

Leave a Reply

Download Sekarang

aplikasi service mobil

Download Sekarang! Reservasi jadi lebih MUDAH dan dapatkan GRATIS General Check-up untuk kendaraan kesayangan anda.