Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Share This Post

aki basah dan aki kering

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah, HaloBengkel.com – Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai aki kering dan aki basah bagus mana untuk kendaraan? Karena itulah, untuk menjawab hal tersebut, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Aki Kering dan Aki Basah Lebih Bagus Mana

Ada beberapa perbedaan yang nampak jelas antara aki kering dengan aki basah yang bisa Anda lihat secara langsung. Nah, adapun perbedaan dari aki basah dengan aki kering adalah seperti di bawah ini:

  • Segi Perawatan

Perbedaan pertama dari aki kering dan aki basah yang pertama adalah dilihat dari segi perawatan. Dalam hal ini, Aki kering lebih unggul karena termasuk komponen maintenance free alias tidak memerlukan terlalu banyak perhatian. Kebalikannya, aki basah perlu setiap bulan dicek kondisinya. Hal ini karena cairan elektrolit pada aki basah bisa menguap seiring waktu. Karena itulah kendaraan yang menggunakan aki basah akan lebih sering mengalami kekurangan cairan.

Meskipun begitu, aki kering juga perlu dirawat, meskipun perawatannya tidak akan serumit perawatan aki basah. Tujuan dilakukannya perawatan pada aki adalah agar bisa memperpanjang usia dari aki itu sendiri.

promo servis mobil
Klik Gambar Untuk Ambil Promo Service
  • Isi Cairan

Sebenarnya untuk isi aki kering dan aki basah tidaklah berbeda, sebab keduanya sama-sama menggunakan air aki. Tetapi bedanya adalah pada tekstur keduanya. Untuk aki kering memiliki bentuk gel. Sehingga aki kering tidak akan mudah bocor dan tumpah walaupun terkena guncangan yang cukup keras. Tidak hanya itu saja, bentuk ini membuat aki tidak cepat menguap. Volume air aki akan selalu sama dan Anda pun tidak perlu lagi mengisi ulang air aki. 

Sedangkan tekstur dari aki basah berupa cairan yang lebih serta memiliki kandungan asam sulfat dan air demineralisasi. Sehingga, ketika menggunakan cairan aki basah Anda perlu berhati-hati agar tidak tumpah.

  • Segi Harga

Dari segi harga, Aki basah memiliki harganya yang jauh lebih murah dan memerlukan perawatan ekstra. Ini wajar saja, mengingat aki kering memiliki banyak kelebihan sehingga membuat harganya jauh lebih mahal. Karena harganya yang murah, aki basah hingga sekarang masih banyak digunakan oleh orang.

  • Wadah Aki

Wadah luar dari aki kering dan aki basah juga amat sangat berbeda. Pada Aki kering memiliki wadah berwarna gelap yang membuat Anda tidak dapat melihat isi di dalamnya. Selain itu, pada aki kering juga tidak ada lubang-lubang yang digunakan untuk mengisi ulang cairan aki.

Sedangkan aki basah memiliki wadah semi transparan yang memungkinkan Anda untuk bisa melihat cairan yang ada pada wadah. Selain itu, pada wadah aki basah juga terdapat garis yang berfungsi sebagai penanda batas maksimum serta minimum volume air aki. Pada aki basah juga mempunyai lubang-lubang yang digunakan untuk mengisi ulang aki.

Service mobil mulai Rp 500rban di HaloBengkel, bengkel mobil di Balikpapan #1

  • Segi Perbaikan

Ketika aki basah tekor maka ada kemungkinan aki tersebut diperbaiki. Cara perbaikannya juga cukup mudah, sebab Anda hanya perlu mengecas ulang dayanya. Sedangkan aki kering, ketika tekor sudah tidak bisa lagi diperbaiki. Karena itulah aki kering yang sudah tekor harus diganti dengan aki kering yang baru. Jika tidak diganti kendaraan atau mesin yang menggunakan aki kering tidak akan bisa digunakan lagi.

Setelah Anda mengetahui perbedaan dari keduanya, tentunya Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan aki kering vs aki basah bagus mana. Secara keseluruhan aki kering memang jauh lebih unggul dibandingkan dengan aki basah. Namun meskipun begitu, aki basah juga masih layak untuk digunakan.

inspeksi mobil balikpapan
Klik Gambar Untuk Booking Inspeksi

Leave a Reply